Rabu 20 Jan 2021 12:19 WIB

Universitas Belgia Selatan Mengizinkan Mahasiswi Berhijab

Universitas Belgia Selatan Mengizinkan Hijab untuk Mahasiswa Muslim

Mahasiswa Belgia tengah menuntut kebolehen pemakaian jilbab,
Foto: Google.com
Mahasiswa Belgia tengah menuntut kebolehen pemakaian jilbab,

IHRAM.CO.ID -- Dalam apa yang dianggap sebagai kemenangan bagi kelompok wanita Muslim, mahasiswa Muslim di universitas di wilayah Wallonia yang berbahasa Prancis di Belgia akan diizinkan mengenakan jilbab mereka secara bebas mulai September 2021.

“Berita bagus! Isyarat kuat yang mendukung  tagar dimasukkannya semua wanita dewasa dalam pendidikan tinggi. Wanita sekarang akan dapat melanjutkan pendidikan mereka dan impian mereka memiliki karir profesional, ”tulis Kolektif melawan Islamofobia di Belgia (CCIB) di Twitter seperti dilansir aboutislam.net.

Keputusan hari Sabtu laku itu membatalkan larangan sebelumnya pada Juni 2020 tentang "simbol agama", termasuk jilbab di sekolah dan pendidikan tinggi.

Ini juga mengikuti beberapa protes tahun lalu terhadap putusan Mahkamah Konstitusi Belgia yang mengizinkan institusi pendidikan tinggi untuk melarang jilbab.

Tak lama setelah keputusan tersebut, 12 universitas dan perguruan tinggi Belgia telah meyakinkan siswa bahwa mereka tidak akan memberlakukan larangan tersebut, menekankan bahwa kebebasan beragama dilindungi di ruang kelas mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement