Kamis 04 Feb 2021 22:59 WIB

BPTP Gorontalo Bantu Peternak Kembangkan Ayam KUB

Bantuan dari BPTP Gorontalo, setiap tahunnya terus mengalir kepada peternak inti.

BPTP Gorontalo Bantu Peternak Kembangkan Ayam KUB (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
BPTP Gorontalo Bantu Peternak Kembangkan Ayam KUB (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,GORONTALO -- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Gorontalo membantu peternak inti dalam mengembangbiakkan ayam Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB) di daerah itu.

Kepala BPTP Gorontalo Amin Nur mengatakan salah satu peternakan yang dibantu yaitu milik Asri Sabihi di Desa Tunggulo, Kabupaten Bone Bolango.

"Sejak 2018 kami membantu peternak inti dalam bentuk sarana prasarana, pakan dan bantuan DOC (Day One Chicken). Pada tahun2018, kami membantu peternakan milik pak Asri 1.500 DOC," ungkapnya di Gorontalo, Kamis (4/2).

Menurutnya, bantuan dari BPTP Gorontalo, setiap tahunnya terus mengalir kepada peternak inti. Khususnya pemberian DOC. "Selanjutnya pada tahun 2019, kami tetap memberikan dukungan ke peternak inti ini, sarana dan prasarana, pakan serta 2.000 DOC," ungkap Amin Nur.

Di saat pandemi COVID-19 menyerang Gorontalo di tahun 2020, BPTP pun tetap memberikan bantuan, walaupun sejumlah anggarannya direalokasikan untuk penanganan COVID-19.

Ia menambahkan jika tidak hanya sarana dan prasarana peternakan serta bibit ayam KUB, peternak inti di masa pandemi tahun lalu pun mendapatkan bantuan obat-obatan.

Pemilik Peternakan Akas, Asri Sabihi mengaku dengan sentuhan bantuan dari BPTP Gorontalo, usaha peternakan ayam kampung miliknya semakin berkembang.

"Dengan bantuan sarana prasarana, pakan dan bibit dari BPTP Gorontalo, usaha saya makin berkembang. Dari hasil mengembangkan KUB, saya bisa memimalisasi pengiriman DOC dari Jawa," ucapnya.

Dari hasil pengembangan bibit ayam KUB, ia mampu memenuhi permintaan bibit ayam oleh petani lain. Meskipun belum semua kebutuhan bibit ayam di Gorontalo.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement