Senin 08 Feb 2021 20:00 WIB

Mengenal Stanley, Jembatan Terindah di Mesir

Mengenal Stanley, Jembatan Terindah di Mesir.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Mengenal Stanley, Jembatan Terindah di Mesir
Foto: Egypt Today
Mengenal Stanley, Jembatan Terindah di Mesir

IHRAM.CO.ID,KAIRO -- Seorang profesor Egyptology, Bassam el-Shamaa mengatakan bahwa Jembatan Stanley di Alexandria adalah jembatan terindah di Mesir dan dunia.

Dilansir di egypttoday.com, Shamaa menjelaskan dalam pernyataan pers bahwa desain Jembatan Stanley sangat luar biasa, karena tiang-tiangnya dipasang di perairan Laut Mediterania, menunjukkan bahwa Stanley tidak dibangun di atas situs arkeologi.

Baca Juga

Selain itu, Shamaa meminta Gubernur Aleksandria untuk menjadikan Jembatan Stanley salah satu destinasi wisata dengan membuat sejumlah kegiatan yang terkait dengannya, seperti mencetak kaus oblong, medali, dan brosur yang bertuliskan gambar Jembatan Stanley. Sehingga dapat menjadikan pemasukan tambahan untuk pendapatan wilayah mereka. 

Jembatan Stanley adalah jembatan pertama di Mesir yang dibangun di atas laut. Dibangun pada akhir tahun 1990-an di atas teluk Stanley.

Jembatan ini dinamai sesuai dengan distrik tempatnya dibangun. Jembatan ini dianggap oleh banyak orang sebagai bagian utama dari rekonstruksi dan dekorasi pantai Alexandria. 

Jembatan Stanley mempertahankan gaya arsitektur kota Mesir yang terkenal kosmopolitan, dan menjadi landmark lain di kota laut Mediterania setelah diresmikan pada tahun 2001 .

Jembatan Stanley memiliki panjang 400 meter dan lebar 30 meter, memiliki empat menara yang dirancang dengan gaya Islam, untuk melengkapi istana kerajaan di Al Montazah. Jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk memperbesar sisi pantai Alexandria, sebagai jalan dua arah yang sempit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement