Senin 08 Feb 2021 23:40 WIB

Batasan Aurat Menurut Ulama

Ulama memberikan batasan soal aurat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Batasan Aurat Menurut Ulama. Foto:  Gadis-gadis Muslimah berjilbab, anggun dan salehah. (ilustrasi)
Foto: wordpress.com
Batasan Aurat Menurut Ulama. Foto: Gadis-gadis Muslimah berjilbab, anggun dan salehah. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Para ulama berbeda pendapat tentang batas aurat laki-laki maupun perempuan. Batasan aurat juga berbeda jika dikategorikan dari usia seseorang.

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Jilbab Pakaian Wanita Muslimah menjelaskan bahwa jika seseorang ingin mengetahui batasan aurat lebih jauh, maka terdapat banyak aspek yang perlu dipahami terlebih dahulu. Namun demikian, beliau mengutip pandangan sejumlah ulama madzhab yang patut untuk disimak.

Baca Juga

Berdasarkan pandangan Syekh Wahbah Az-Zuhaili, persoalan aurat disimpulkan bahwa ulama telah menyatakan yakni kemaluan dan dubur adalah aurat. Sedangkan pusar lelaki bukanlah aurat. Aurat lelaki adalah antara pusar dan lututnya, sedangkan antara perempuan adalah antara pusar dan lututnya. Lalu aurat perempuan dalam shalat adalah selain wajah dan kedua telapak tangannya.

Ulama berbeda pendapat menyangkut lutut lelaki. Mayoritas ulama menyatakan bahwa lutut lelaki bukan aurat, tetapi hendaknya untuk ditutup atau paling tidak sebagian darinya serta sebagian dari pusar ditutup. Sebab apa yang di atas lutut dan di bawah pusar tidak bisa tertutup kecuali dengan menutup sebagian dari keduanya itu.

Adapun aurat wanita Muslimah di hadapan kerabat yang mahram dan wanita-wanita Muslimah adalah antara pusar dan lututnya. Pendapat ini merupakan pendapat dari ulama kalangan madzhab Syafii dan Hanafi. Sedangkan menurut madzhab Maliki, batasan aurat yaitu seluruh badannya selain wajah, kepala, leher, dan kedua tangan serta kakinya.

Kemudian menurut pandangan madzhab Hambali, aurat adalah seluruh badannya kecuali wajah, leher, kepala, kedua tangan, kaki, serta betis. Ulama juga memperdebatkan mengenai aurat anak perempuan yang masih kecil.

Dalam madzhab Hanafi, anak yang berumur empat tahun ke bawah tidak ada auratnya. Setelah berusia 10 tahun, maka auratnya adalah dubur dan kemaluannya serta apa yang ada di sekitarnya. Lalu dalam madzhab Syafii, batasan aurat untuk anak perempuan kecil lebih ketat. Anak kecil, walau belum menjelang dewasam auratnya masih sama dengan aurat orang dewasa, baik anak kecil lelaki maupun perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement