Masjid Edmonton di Kanada Tampung Tunawisma di Musim Dingin

Senin , 15 Feb 2021, 14:02 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.

IHRAM.CO.ID, EDMONTON -- Bagi mereka yang tidak memiliki tempat pribadi untuk berlindung alias tunawisma, musim dingin merupakan sebuah tantangan. Selain karena cuaca dingin yang membuat kehidupan di jalanan kian berbahaya, pandemi Covid-19 semakin membuat jalanan tidak memungkinkan bagi mereka tinggal.

 

Terkait

Karena hal itulah, sebuah masjid di Edmonton, Kanada, membuka pintunya untuk menampung anggota masyarakat yang menjadi tunawisma. Inisiatif dari masjid tertua di Kanada itu dilakukan di tengah pandemi global, di mana para tunawisma juga menghadapi peningkatan risiko akan kematian.

"Masjid Al Rashid telah mengaktifkan ruang sepanjang malam untuk menampung tunawisma," tulis masjid tersebut di Facebook, dilansir di laman About Islam, Senin (15/2).

Upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari Tanggap Darurat Musim Dingin dengan Kota Edmonton dan Homeward Trust. Rencana sebelumnya, pintu masjid tersebut dibuka dari 6 hingga 13 Februari 2021. Namun, pihak masjid kemudian memperpanjang perlindungan daruratnya hingga Rabu (17/2) mendatang.

"Kami mengimbau semua warga di sekitar Masjid kami untuk mengarahkan setiap individu yang mengalami tunawisma untuk datang ke fasilitas kami untuk mendapatkan bantuan atau menelepon 211 di mana pihak berwenang dapat memberikan bantuan," demikian tambahan unggahan pihak masjid di Facebook.

Selain itu, Masjid Al Rashid juga menerima pendaftaran bagi mereka yang ingin menjadi sukarelawan.

"Anggota komunitas yang ingin menjadi sukarelawan dapat menghubungi info@alrashidmosque.ca untuk membuat pengaturan."

Masjid Al-Rashid merupakan masjid pertama di Kanada, yang didirikan pada 1938. Masjid ini telah berkembang menjadi salah satu organisasi amal Muslim terkemuka di negara tersebut, dengan serangkaian inisiatif pembangunan di komunitas Muslim Edmonton.

Gerakan kebaikan dari Masjid Al Rashid ini sejalan dengan pola serupa yang diadopsi oleh beberapa masjid dan pusat Islam, yang melayani kebutuhan para tunawisma.

Pada Januari 2020, masjid tersebut membuka pintunya bagi orang-orang yang tidak  memiliki tempat berlindung atau tunawisma selama cuaca musim dingin. Setahun sebelumnya pada Februari 2019, Masjid Al Rashid juga membuka pintunya untuk menampung mereka yang membutuhkan dan tunawisma dari semua kalangan agama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini