Selasa 16 Feb 2021 16:40 WIB

Asal Kata Alquran

Asal Kata Alquran

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Asal Kata Alquran. Foto:Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Asal Kata Alquran. Foto:Alquran (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Pakar Fiqih Ustaz Ahmad Sarwat Lc. MA mengatakan, ada banyak pendapat yang berbeda-beda tentang asal kata dari lafadz Alquran meski demikian masing-masing tidak menghilangkan isi Alquran.

"Sebagian berpendapat bahwa lafadz Alquran itu merupakan bentukan mashdar dari fi’il madhi," katanya dalam bukunya Mengenal Alquran.

Baca Juga

Hal ini kata Ustadz Ahmad merupakan kebiasaan orang Arab yang dalam masalah gramatika bahasa, selalu mengaitkan nama dan istilah dengan akar katanya. Namun kata dia sebagian ulama ada yang berpendapat lafadz Alquran itu adalah nama asli dan bukan bentukan dari kata lain yang maksudnya tidak punya akar kata.

Pendapat pertama menyebutkan bahwa lafadz Alquran itu bentuk mashdar yang terbentuk dari fi’il madhi sebagai akar katanya. Namun mereka yang mengatakan demikian ternyata berbeda pendapat tentang akar katanya. 

1. Qara’a-Yaqra’u = Membaca Al-Lihyani mengatkaan bahwa lafadz Alquran itu bentuk mashdar dari fi’il madhi (Qara’a-Yaqra’u), maknanya adalah talaa atau membaca. Pendapat inilah yang barangkali paling sering kita dengar dari banyak kalangan.  

2. Al-Qar’u Yang Berarti Gabungan.

Namun pendapat al-Lihyani di atas ditampik oleh Az-Zajjaj. Beliau kata Ustaz Ahmad Sarwat mengatakan bahwa lafadz Alquran itu terbentuk dari asalnya yaitu al-qar’u yang bermakna al-jam’u yang artinya kumpulan atau gabungan. Wazan-nya adalah fu’la’ sebagaimana lafadz ghufran.

Seperti orang Arab menyebut: yaitu air telah berkumpul atau bergabung dalam telaga.  Az-Zajjaj mengatakan bahwa secara akar kata bahwa Alquran itu bermakna gabungan, karena pada hakikatnya merupakan gabungan dari kitab-kitab samawi sebelumnya. 

3. Al-Qarain Berarti Pembanding

Lain lagi dengan pendapat Al-Farra’ yang mengatakan bahwa kata Al-Quran itu tidak terbentuk dari kata qara’a-yaqra’u, tetapi merupakan bentukan dari kata  dasar al-qarain yang merupakan bentuk jama’ dari qarinah.  Makna qarinah itu sebanding, karena tiap ayat  Alquran dengan ayat lainnya sebanding. 

4. Qarana Yang Berarti Menggabungkan

Demikian juga dengan Al-Asy’ari yang berpendapat agak mirip dengan Al-Farra’ di atas, bahwa lafadz Alquran itu merupakan bentukan dari sebuah kata dasar, yaitu qarana yang berarti menggabungkan, sebagaimana kalimat qarana asy syai’a bisy-syai’i yang maknanya menggabungkan sesuatu dengan sesuatu yang lain.  

"Hanya saja berbeda dengan Az-Zajjaj di atas, bahwa makna yang digabung itu maksudnya adalah Alquran itu gabungan dari banyak ayat dan surat," katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement