Sabtu 20 Feb 2021 13:05 WIB

Ratusan Warga Kelurahan Bangka Jaksel Terdampak Banjir

Di salah satu titik banjir ketinggian air bisa mencapai genteng rumah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Pasukan Orange membantu warga yang terendam banjir di sekitar jalan Duren Bangka pada Sabtu (20/2). Banjir terjadi karena luapan kali mampang
Foto: Republika/Rizky surya
Pasukan Orange membantu warga yang terendam banjir di sekitar jalan Duren Bangka pada Sabtu (20/2). Banjir terjadi karena luapan kali mampang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari terakhir menimbulkan banjir di sebagian wilayah di Ibu Kota pada Sabtu (20/2). Salah satunya di RW 04 Kelurahan Bangka Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan.

Ketua RW RW 04 Safei menyampaikan banjir sudah terjadi sejak Jumat (19/2) karena hujan begitu deras. Ia memantau titik tertinggi banjir di wilayahnya hampir mencapai genteng rumah satu lantai atau sekitar dua meter.

Baca Juga

"Banjir hari ini paling tinggi karena kemarin sore sempet surut terus malam tadi naik lagi," kata Safei pada Republika.co.id, saat meninjau banjir di wilayahnya pada Sabtu (20/2).

Safei menuturkan sudah mendapat informasi potensi banjir dari BMKG. Sehinggga ia tak merasa kaget dengan datangnya banjir. Ia hanya kaget dengan ketinggian banjir yang melebihi biasanya. "Tahun lalu enggak separah ini paling 70-80an sentimeter saja. Sekarang bisa sampai semeter lebih," ungkap Safei.

Akibat banjir kali ini, ia mendapat informasi ratusan warganya menjadi terdampak banjir. Ia terus memperbaharui informasi soal korban banjir.

"Masih terus dihitung tapi angkanya sekitar 200 orang orang sementara ini," ujar Safei.

Para korban banjir mengungsi ke posko terdekat atau ke kediaman keluarganya. Sebagian ada yang memilih bertahan di rumahnya. Untuk di RW 04, dibuat tiga lokasi dapur umum guna membantu korban. "Dapur umum ada tiga bikinan masyarakat sama bantuan kelurahan dan donator," sebut Safei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement