Senin 01 Mar 2021 11:13 WIB

Saudi Izinkan Boeing 737 MAX Kembali Beroperasi

Pesawat Boeing 737 MAX akan diizinkan untuk kembali beroperasi di Saudi

Rep: Rizky suryarandika/ Red: Esthi Maharani
Pesawat Boeing 737 MAX
Foto: AP
Pesawat Boeing 737 MAX

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) mengumumkan bahwa pesawat Boeing 737 MAX akan diizinkan untuk kembali beroperasi di Kerajaan itu. GACA mengatakan keputusan itu diambil setelah menyelesaikan peninjauan.

Dilansir dari Arab News pada Senin (1/3), GACA mengklaim telah mengambil tindakan yang diperlukan untuk aktivasi lagi jenis pesawat itu. GACA juga sudah menyelesaikan semua tes yang diperlukan oleh Administrasi Penerbangan Federal AS, Badan Keamanan Penerbangan Eropa, dan otoritas penerbangan sipil lainnya di seluruh dunia.

Boeing 737 MAX diboikot secara global pada Maret 2019 setelah dua kecelakaan fatal yang melibatkan model yang sama dalam lima bulan. GACA mengatakan maskapai nasional Saudi tidak mengoperasikan model Boeing 737 MAX. Tetapi beberapa maskapai asing mengoperasikan penerbangan ke dan dari bandara Saudi, dan beberapa penerbangan melintasi wilayah udara mereka dengan model yang sama.

GACA mengatakan penangguhan sementara dicabut setelah koordinasi erat dengan komunitas penerbangan sipil internasional. GACa berkoordinasi mengenai perubahan, perizinan dan pelatihan, untuk memastikan tingkat keselamatan tertinggi.

Otoritas sipil juga menerbitkan pemberitahuan navigasi yang mengizinkan model Boeing 737 MAX  untuk kembali beroperasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement