Senin 01 Mar 2021 14:19 WIB

Jabal Abyad, Gunung Berapi Tertinggi di Arab Saudi

Gunung Berapi tertinggi di Arab Saudi Jabal Abyad

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Jabal Abyad, gunung tertinggi di Arab Saudi
Foto: Arab News
Jabal Abyad, gunung tertinggi di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Gunung berapi Jabal Abyad, terletak di Harrat Khyber, wilayah Madinah. Gunung ini berdiri di ketinggian 2.093 meter, menjadikannya gunung berapi tertinggi di Arab Saudi.

Nama Jabal Abyadh bila diterjemahkan menjadi 'gunung putih'. Nama ini disematkan setelah abu putih khas yang kerap melapisinya.

Baca Juga

Dari sudut pandang pengamat, abu putih ini terlihat seperti salju. Namun, sejatinya, substansi putih itu adalah abu vulkanik yang disebut comendite, yang merupakan residu lava felsik yang kaya silika.

Dilansir di Arab News, Senin (1/3), gambaran wilayah Harrat Khyber yang diambil dari satelit mendapat perhatian dunia, karena tata letaknya yang spektakuler dan meniru permukaan kawah bulan. Harrat Khyber adalah rumah bagi gunung berapi hitam dan putih.

Untuk menjelajahi gunung berapi yang tidak aktif, pengunjung perlu memperkuat kemauan atau niat. Hal ini sangat penting mengingat medan yang sulit dilintasi dan membutuhkan peralatan serta kendaraan yang tangguh.

Wisatawan yang pernah bepergian ke sana mengatakan bahwa lebih baik berjalan kaki daripada mengemudi.  Namun, karena sulitnya berjalan kaki, hanya sejumlah kecil pengunjung yang melakukan perjalanan ke daerah tersebut sehingga menjadikannya sebagai pengalaman yang tenang.  

sumber : Arab News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement