Senin 01 Mar 2021 23:21 WIB

Pertamina Bantu Pemberdayaan UKM di Malteng

Sumber daya ikan di kota Masohi ini sangat melimpah.

Pertamina Bantu Pemberdayaan UKM di Malteng (ilustrasi).
Foto: ANTARA/ADENG BUSTOMI
Pertamina Bantu Pemberdayaan UKM di Malteng (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,AMBON -- PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan membina Usaha Kecil Menengah di Masohi kabupaten Maluku Tengah dalam mengolah produk lokal. Pertamina mendukung mitra binaan G&R shop yang mengolah produk lokal yakni produksi abon ikan tuna, kata Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, Senin (1/3).

Pihaknya terus mendukung pengembangan produk lokal, guna meningkatkan kemajuan potensi ekonomi daerah hingga nasional bahkan luar negeri "Pertamina akan terus berupaya menjadi mitra binaannya menjadi UKM yang bisa naik kelas dan turut memberdayakan masyarakat sekitar, " katanya.

Pemilik UKM G&R Masohi Shop Irnawati Lanuru mengatakan, daging ikan tuna segar yang di tangkap dari perairan Maluku diolah menjadi abon yang gurih nan lezat, guna memenuhi selera masyarakat. Abon ikan tuna diproduksi dengan dua varian rasa yakni, original dan rasa pedas, dan dapat dinikmati semua kalangan usia.

"Sumber daya ikan di kota Masohi ini sangat melimpah, ditambah sedikit sentuhan kreativitas menghasilkan produk abon yang dipasarkan di sejumlah mini market dan swalayan di kota Ambon, dan Bula, " ujarnya.

G&R Masohi Shop dididrikan Januari 2020, kini telah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina, sehingga usahanya telah naik tingkat. "Sebelumnya kami kerja serba manual, setelah dapat pinjaman dari Pertamina bisa bangun rumah produksi dan beli beberapa alat," katanya.

Ia menambahkan, usaha yang dirintis terhitung seumur biji jagung, tetapi bersama Pertamina pihaknya telah mendapatkan banyak keuntungan, seperti terpilih menjadi peserta Pertamina SMEXPO 2020 dan berlanjut pada program unggulan naik kelas yakni Pertamina UMKM Academy.

"Ajang ini saya mendapat kemudahan untuk mengurus hak merek untuk produk saya, karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina," tandasnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement