Kamis 04 Mar 2021 09:23 WIB

Masjid di Woking Luncurkan Layanan Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 telah disiapkan untuk komunitas lokal di Masjid Shah Jahan

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Masjid Shah Jahan di Woking, Inggris
Foto: Get Surrey
Masjid Shah Jahan di Woking, Inggris

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Layanan vaksinasi Covid-19 baru telah disiapkan untuk komunitas lokal di sebuah masjid di Woking. Sebelumnya layanan vaksinasi telah dimulai di Masjid Shah Jahan di Jalan Oriental pada lalu (28/2). Pasien menerima undangan dari dokter setempat untuk menjalani vaksinasi.

"Sekarang akan ada layanan vaksinasi lebih lanjut yang diadakan di masjid karena tingkat keberhasilannya," kata Grup Komisi Klinis Surrey Heartlands (CCG), dilansir dari Get Surrey, Kamis (4/3).

Imam kepala di masjid dan salah satu pemimpin Muslim paling terkemuka di Surrey, Hafiz M Saeed Hashmi mengatakan telah menerima vaksin covid-19 baru-baru ini. Ia juga mendesak komunitasnya untuk melakukan hal yang sama ketika ditawarkan.

Masjid Shah Jahan bergabung dengan Gereja St Paul di Jalan Oriental, yang juga mulai memberikan layanan vaksin baru-baru ini. Profesor Aftab Ala, konsultan gastroenterologi dan ahli hepatologi di Rumah Sakit Royal Surrey County, dan Dr Munira Mohamed, dokter umum setempat, bekerja dengan masjid untuk mengatur layanan tersebut.

“Saya memiliki hubungan dengan masjid selama 15 tahun terakhir, dan ketika kami menyarankan untuk menjalankan layanan vaksinasi untuk komunitas lokal di sana, mereka sangat akomodatif," kata Profesor Ala.

"Ini adalah salah satu layanan vaksinasi pusat kepercayaan pertama di tenggara Inggris dan sangat luar biasa dapat menawarkan vaksinasi di sini untuk komunitas lokal. Hari pertama sukses besar. Semua pasien hadir dan sangat menyenangkan mendengar begitu banyak komentar positif sehingga mereka merasa nyaman di lingkungan lokal yang aman dan akrab," tambahnya.

Ketua GP di Sheerwater Health Center, Munira Mohamed, mengatakan jumlah pemesanan sejauh ini melebihi ekspektasi. Dan dia mengaku sangat senang melihat banyak orang mendapatkan vaksin di masjid.

"Ide di balik proyek ini terutama untuk memberikan kepercayaan komunitas BAME. Kami merasa jika mereka bisa datang ke tempat terpercaya mereka akan lebih mungkin mendapatkan vaksinasi. Ini pasti berhasil," tuturnya.

“Awalnya saya khawatir kami tidak akan mengisi slot tetapi segera setelah Manajer Praktik saya mulai menghubungi pasien, saya dapat melihat ini akan berhasil. Dan kami sudah penuh dipesan untuk layanan vaksinasi Minggu depan," kata Mohamed.

Mohsin Mughal, ketua Masjid Shah Jahan, menambahkan, ketika pihaknya mendapatkan tawaran vaksinasi Covid-19 di masjid, ia langsung menyambut dengan senang hati. Masyarakat setempat pun menyambut dengan senang hati.

"Orang-orang merasa percaya diri untuk datang ke sini dan, setelah mereka divaksinasi, kabar akan menyebar dan orang lain ingin mengikuti," ungkap Mughal.

“Kedua Imam telah divaksinasi dan itu telah mengirimkan pesan yang sangat kuat kepada masyarakat juga. Kami sangat senang bahwa klinik vaksinasi pertama telah dipesan penuh," tambah Mughal.

Mohammed Bashir adalah salah satu orang yang telah mendapatkan vaksinasi. Ia mengaku sangat senang mendapatkan suntikan vaksin yang akan melindunginya dari infeksi virus yang parah: “Saya sangat senang mendapatkan vaksinasi untuk melindungi saya dari Covid. Tidak sakit sama sekali. Masjid ini sangat dekat dengan rumah saya sehingga mudah untuk sampai ke sini," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement