Lampung Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

Jumat , 05 Mar 2021, 23:53 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Lampung Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia (ilustrasi).
Lampung Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANDARLAMPUNG -- Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi orang lanjut usia (lansia) yang berada di Kota Bandarlampung.

 

Terkait

"Hari ini kita laksanakan vaksinasi COVID-19 bagi lansia," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Jumat (5/3).

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilakukan untuk menjaga imunitas para lansia dari paparan COVID-19."Ini upaya kita menjaga lansia dari paparan COVID-19, dan sifatnya ini baru dilakukan di ibu kota provinsi dahulu, baru nanti ke kabupaten," ucapnya.

Menurutnya, bagi lansia yang hendak melaksanakan vaksinasi dapat segera melakukan pendaftaran di situs yang telah disediakan oleh pemerintah dan Kementerian Kesehatan, selanjutnya langsung dapat melakukan registrasi.

"Lansia dapat mendaftarkan diri dengan bantuan anggota keluarga ataupun RT/RW setempat, registrasi harus dilakukan meski nanti bila ada kesulitan kita bantu catat secara manual," katanya.

Dia mengatakan bagi lansia yang kesulitan melakukan registrasi ulang dapat datang ke fasilitas pelayanan kesehatan dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP). Tanggapan positif terkait vaksinasi COVID-19 bagi lansia dikatakan oleh salah seorang lansia di Kota Bandarlampung, Sunyoto.

"Hingga saat ini belum ada efek samping yang dirasakan meski usia sudah mencapai 66 tahun, dan tadi pelaksanaan vaksinasi cukup cepat serta tidak terasa," ujar Sunyoto.

Ia menjelaskan dengan adanya vaksinasi COVID-19 diharapkan dapat memotivasi lansia lain untuk ikut serta dalam program vaksinasi COVID-19.

"Saya kira dari sistem pengaturan sudah teratur dan cukup mudah dimengerti oleh kami para lansia. Diharapkan sosialisasi dapat terus dilakukan agar program vaksinasi COVID-19 berjalan lancar," katanya lagi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ada 34.592 orang lanjut usia di Kota Bandarlampung menjadi target sasaran vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini