Ahad 07 Mar 2021 16:30 WIB

Paus Fransiskus Berdoa di Tanah Kelahiran Nabi Ibrahim

Paus Fransiskus Berdoa di Tanah Kelahiran Nabi Ibrahim

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Paus Fransiskus Berdoa di Tanah Kelahiran Nabi Ibrahim. Foto:    Papan iklan yang menampilkan Paus Francis dan Ayatollah Ali al-Sistani, di Baghdada Irak Senin 1 Maret 2021.
Foto: AP/Khalid Mohammed
Paus Fransiskus Berdoa di Tanah Kelahiran Nabi Ibrahim. Foto: Papan iklan yang menampilkan Paus Francis dan Ayatollah Ali al-Sistani, di Baghdada Irak Senin 1 Maret 2021.

IHRAM.CO.ID,BAGHDAD—Paus Fransiskus menyempatkan diri mengunjungi tempat kelahiran Nabi Ibarahim (Abraham) di Ur, di sela-sela kunjungannya ke Irak. Disana, Paus ke-266 itu melantunkan doa yang ditujukan kepada Bapak Tiga Agama itu. Berikut ada kutipan doa yang dipanjatkan Paus Fransiskus:

“Tuhan Yang Mahakuasa, Pencipta kami, Anda mencintai keluarga manusia kami dan setiap pekerjaan tangan Anda: Sebagai anak-anak Ibrahim, Yahudi, Kristen dan Muslim, bersama dengan orang percaya lainnya dan semua orang yang berkehendak baik, kami berterima kasih karena telah memberi kami Abraham, putra terhormat dari negara yang mulia dan tercinta ini, untuk menjadi ayah kita yang sama dalam iman

Baca Juga

Kami berterima kasih atas teladannya sebagai orang yang beriman, yang sepenuhnya menaati Anda, meninggalkan keluarganya, sukunya, dan tanah kelahirannya, dan berangkat ke tanah yang tidak dia ketahui. Kami juga berterima kasih, atas teladan keberanian, keuletan, kekuatan semangat, kemurahan hati, dan keramahan yang diberikan oleh ayah kita yang sama dalam iman.

Kami berterima kasih secara khusus atas keyakinan heroiknya, yang ditunjukkan oleh kesiapannya bahkan untuk mengorbankan putranya dalam ketaatan pada perintah Anda. Kami tahu bahwa ini adalah ujian yang ekstrim, namun ujian yang darinya dia muncul sebagai pemenang, karena dia percaya sepenuhnya kepada Anda, yang penuh belas kasihan dan selalu menawarkan kemungkinan untuk memulai yang baru.

Kami berterima kasih karena, dengan memberkati ayah kami Abraham, Anda menjadikannya berkat bagi semua orang.

Kami memohon kepada Anda, Tuhan dari ayah kami Abraham dan Tuhan kami, untuk memberikan kami iman yang kuat, iman yang berlimpah dalam pekerjaan baik, iman yang membuka hati kami untuk Anda dan untuk semua saudara dan saudari kami; dan harapan tak terbatas yang mampu membedakan dalam setiap situasi kesetiaan Anda pada janji-janji Anda. Jadikanlah kami masing-masing saksi tentang kepedulian Anda yang penuh kasih bagi semua, terutama para pengungsi dan pengungsi, para janda dan yatim piatu, yang miskin dan yang lemah.

Buka hati kita untuk saling memaafkan dan dengan cara ini jadikanlah kita alat rekonsiliasi, pembangun masyarakat yang lebih adil dan persaudaraan. Selamat datang di kediaman damai dan terang Anda semua yang telah meninggal, terutama para korban kekerasan dan perang. Membantu pihak berwenang dalam upaya mencari dan menemukan korban penculikan dan dengan cara khusus melindungi perempuan dan anak. Bantulah kami untuk merawat bumi, rumah kita bersama, yang dalam kebaikan dan kemurahan hati Anda telah Anda berikan kepada kami semua.

Bimbing tangan kami dalam pekerjaan membangun kembali negara ini, dan berikan kami kekuatan yang dibutuhkan untuk membantu mereka yang terpaksa meninggalkan rumah dan tanah mereka, memungkinkan mereka untuk kembali dalam keamanan dan martabat, dan untuk memulai kehidupan baru, tenang dan sejahtera,” panjat Pemimpin Gereja Katolik sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement