Rabu 10 Mar 2021 14:14 WIB

39 Migran Tewas di Lepas Pantai Tunisia

Kapal itu mencoba menyeberangi Mediterania menuju pulau Lampedusa di Italia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Migran dari berbagai negara
Foto: AP/Santi Palacios
Migran dari berbagai negara

IHRAM.CO.ID, TUNIS -- Sedikitnya 39 migran tewas ketika dua kapal tenggelam di lepas pantai Tunisia pada Selasa (9/3). Kapal itu mencoba menyeberangi Mediterania menuju pulau Lampedusa di Italia.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Tunisia Mohamed Zekri mengatakan, penjaga pantai berhasil menyelamatkan 165 orang dan  pencarian korban selamat masih berlangsung di lepas pantai Sfax. Semua migran yang tewas berasal dari sub-Sahara Afrika.

Garis pantai dekat kota pelabuhan Tunisia Sfax telah menjadi titik keberangkatan utama bagi orang-orang yang melarikan diri dari konflik serta kemiskinan di Afrika dan Timur Tengah. Mereka ingin mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Pada 2019, sekitar 90 migran Afrika tenggelam ketika perahu mereka terbalik di lepas pantai Tunisia setelah berangkat ke Eropa dari negara tetangga Libya. Ini adalah salah satu bencana terburuk yang harus dihadapi pihak berwenang Tunisia.

Jumlah migran Tunisia yang mendarat di pantai Italia melonjak lima kali lipat menjadi 13.000 pada 2020. Hal ini menandakan kesulitan ekonomi di Tunisia semakin meningkat.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement