Kamis 11 Mar 2021 23:36 WIB

Pontianak Fokus Pemulihan Ekonomi pada RKPD 2022

Melibatkan aktivitas masyarakat terutama pelaku usaha mikro dan UMKM.

Pontianak Fokus Pemulihan Ekonomi pada RKPD 2022 (ilustrasi).
Foto: ANTARA/JESSICA HELENA WUYSANG/
Pontianak Fokus Pemulihan Ekonomi pada RKPD 2022 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,PONTIANAK -- Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, akan fokus pada upaya pemulihan ekonomi dalamRencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022. 

"Fokus pemulihan ekonomi dampak COVID-19 itu sudah kami bahas pada Musrenbang RKPD 2022 kemarin," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kamis (11/3).

Edi menjelaskan selain fokus pada pemulihan ekonomi, pihaknya juga akan mengatasi permasalahan di Kota Pontianak yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur yang juga diutamakan untuk memicu pertumbuhan ekonomi sebagai multiplier effect.

"Targetnya bagaimana pembangunan infrastruktur itu bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan kualitas infrastruktur yang mantap dan representatif," ujarnya.

Pembangunan infrastruktur itu, seperti akan menyelesaikan pembangunan waterfront di Sungai Kapuas mulai dari Kapuas Indah hingga ke Pelabuhan Seng Hie, yang dikaitkan dengan penataan kota baru, katanya. Strategi lainnya, kata Edi, adalah memetakan permasalahan di lapangan.

Hal ini akibat dampak pandemi COVID-19 yang melibatkan aktivitas masyarakat terutama pelaku usaha mikro dan UMKM. "Kami juga akan terus mempermudah pelayanan, mencari titik-titik yang bisa mendongkrak aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi serta mempercepat belanja pemerintahan yang juga menjadi bagian pemulihan ekonomi di Kota Pontianak," ujarnya.

Hal lainnya, yang akan Pemkot Pontianak benahi di tahun 2022 adalah penanganan sampah yang masih menjadi masalah kota. "Kami akan memaksimalkan pengelolaan sampah supaya Pontianak lebih bersih dan tertata serta sampah akan semakin berkurang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," kata Edi.

Menurut dia, persoalan sampah tidak terlepas dari kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement