Senin 15 Mar 2021 14:58 WIB

Vaksinasi untuk Calon Jemaah Haji Ditargetkan Selesai Mei

Pemberian vaksinasi bagi jamaah haji akan tetap berdasarkan skema nasional

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
 Sejumlah calon jamaah haji  mengelilingi Ka
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Sejumlah calon jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menargetkan vaksinasi bagi calon jamaah haji 1442H / 2021M selesai pada Mei 2021. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes RI, Oscar Primadi mengatakan prediksi tersebut mengacu pada skema vaksinasi nasional.

"Insya Allah jamaah haji Indonesia akan kita selesai vaksinasi pada bulan Mei nanti. Jadi tidak ada keraguan Insya Allah kalau melihat skema ini," kata Oscar dalam rapat kerja dengan Komisi VIII, Kementerian Agama, dan Kementerian Perhubungan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/3).

Kemenkes mencatat total sasaran jamaah haji di Indonesia sebanyak 173.160 jemaah. Rinciannya yaitu kelompok umur di bawah 60 tahun sebanyak 115.530 calon jamaah dan calon jamaah kelompok usia di atas 60 tahun sebanyak 57.630 calon jamaah.

Lebih lanjut Oscar menjelaskan, pemberian vaksinasi bagi jamaah haji akan tetap berdasarkan skema nasional vaksinasi covid-19 yang telah menjadi acuan dalam pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Berdasarkan karakteristik jemaah haji, Kemenkes membaginya ke dalam dua kelompok besar, yaitu jamaah lanjut usia (lansia) dan kelompok masyarakat rentan, yaitu mereka yang melakukan perjalanan lintas negara dengan durasi masa terbang lebih dari tiga jam..

"Hanya yang memenuhi syarat tentunya vaksinasi yang akan memperoleh vaksinasi, seperti di kita juga seperti itu kalau ada komorbid tentunya tidak akan dilakukan vaksinasi, artinya jika jamaah tadi mengalami gangguan kesehatan adanya komorbid berat atau ada kontraindikasi pemberian vaksin maka penyuntikan tidak akan kita lakukan," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement