Kemenag: Viral Haji 2021 tanpa Batasan Jamaah Hoaks

Jumat , 19 Mar 2021, 08:01 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Kemenag: Viral Haji 2021 tanpa Batasan Jamaah Hoaks
Kemenag: Viral Haji 2021 tanpa Batasan Jamaah Hoaks

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah informasi terkait haji sedang ramai beredar di media sosial. Informasi tersebut menyatakan pelaksanaan haji 2021 akan berjalan seperti biasa, layaknya kondisi normal.

 

Terkait

Infomasi yang dinisbatkan kepada Raja Salman ini beredar, dengan tajuk "Update Haji 2021/1442: Haji 2021 Akan Berlangsung Seperti Biasa Tanpa Batasan, Raja Saudi Meyakinkan". 

Baca Juga

Dalam info yang beredar itu, disebutkan Raja Salman memastikan Haji 2021 akan berlangsung sesuai jadwal tanpa batasan jamaah. Info ini juga mencantumkan tautan sumber berita, yakni https://theislamicinformation.com/hajj-2021-updates/

Menanggapi informasi yang beredar, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Khoirizi menegaskan jika informasi tersebut hoaks alias tidak benar. "Itu hoaks, tidak benar. Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji 2021," kata Khoirizi dikutip di laman resmi Kemenag, Jumat (19/3).

Menurut Khoirizi, ia sudah mengonfirmasi informasi yang beredar itu kepada Duta Besar Arab Saudi di Indonesia. Hasilnya, Dubes menyebut kabar tersebut tidak jelas sumbernya.

"Jadi sekali lagi kami tegaskan bahwa itu hoaks," lanjutnya. 

Menurut Khoirizi, Dubes Saudi berjanji akan segera memberikan informasi terkait penyelenggaraan haji 2021 jika sudah ada keputusan dari Pemerintah Saudi.

Tak hanya itu, ia menyebut Dubes juga menyampaikan Indonesia akan menjadi negara pertama yang menerima informasi kepastian haji, mengingat jumlah jamaahnya yang terbesar di dunia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini