Ahad 21 Mar 2021 13:15 WIB

15 Ribu Warga Saudi Nikmati Keindahan Noor Riyadh

Salah satu aspek terpenting dari Visi 2030 adalah berkembangnya ekonomi kreatif Saudi

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Fakhruddin
Festival cahaya dan seni bernama Noor Riyadh akan dimulai pada Kamis (18/3) untuk pertama kalinya. Festival itu akan menerangi Riyadh, Arab Saudi selama 17 hari sampai Sabtu (3/4).
Foto: Noor Riyadh
Festival cahaya dan seni bernama Noor Riyadh akan dimulai pada Kamis (18/3) untuk pertama kalinya. Festival itu akan menerangi Riyadh, Arab Saudi selama 17 hari sampai Sabtu (3/4).

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Ibukota Arab Saudi akan diubah menjadi galeri seni terbuka, dengan lebih dari 33 instalisasi lampu selama 17 hari berturut-turut. Festival cahaya atraktif raksasa yang dinamai Noor Riyadh telah diresmikan sejak 18 Maret dengan menggandeng lebih dari 60 seniman internasional.

Salah satu proyek karya seniman yang tergabung dalam Noor Riyadh adalah sebuah kedai kopi pop-up di halaman Istana Budaya Diplomatic Quarter Riyadh. Kedai kopi ini dihiasi sebuah frasa puitis Arab, jika diterjemahkan, berbunyi “Akulah yang datang dari kota impian. Apa yang harus saya tulis?” 

Kedai kopi bernama ‘Ricochet’ tersebut adalah karya seni ringan oleh seniman termuda dalam edisi pertama festival tersebut, Nojoud Al-Sudairi, yang membahas ruang publik melalui puisi Arab. Saat pengunjung mengambil secangkir kopi, cangkir itu sendiri ditutupi dengan frasa puitis, seperti "Di negeri Anda, kemurahan hati, selalu" atau "Saya tidak punya tempat lain". 

Instalasi arsitektur performatif Al-Sudairi sangat sesuai dengan tren anak muda dan terinspirasi segala pengaruh pandemi dalam kehidupan kota. Selama karantina Riyadh, seniman berusia 26 tahun itu mengumpulkan beragam puisi dan frasa sebagai bahan yang selanjutnya di dekonstruksi dalam bentuk cahaya. Cahaya yang menampilkan frasa itu dapat terlihat di sekitar kota, memperluas karya seni di seluruh lanskap perkotaan elektrik Riyadh.

“Pekerjaan saya dimulai selama pandemi sebagai proyek penelitian tentang bagaimana penduduk Riyadh berinteraksi dengan kota mereka selama karantina,” kata Al-Sudairi yang dikutip di Arab News, (21/4). 

“Saya mulai meminta orang yang saya kenal untuk mengirimkan kalimat pendek tentang bagaimana mereka melihat kota melalui jendela mereka, dan ini memberi saya ide untuk memasukkan literatur ke dalam proyek melalui papan petunjuk di sekitar kota,” sambungnya. 

Hasilnya adalah esai visual tentang bagaimana papan nama di Riyadh menjadi antarmuka kota. Mengemudi melalui jalan-jalan di Riyadh pada malam hari, orang dapat melihat bagaimana kota telah menjadi pengalaman lanskap listrik ini, dari semua kata dan kalimat yang membentuk potongan-potongan puisi abstrak yang aneh, kata dia. 

Raneem Farsi, kurator pameran dari Arab Saudi mengatakan, hingga 3 April, kota Riyadh akan diubah menjadi galeri terbuka, diterangi oleh instalasi lampu skala besar. Noor Riyadh telah melibatkan banyak seniman Saudi, banyak di antaranya telah ditugaskan untuk membuat karya khusus untuk pameran, kata dia. 

Karya seni, yang mencakup berbagai media, termasuk musik, patung, dan pertunjukan, dapat ditemukan di dua area utama, Pusat Sejarah Raja Abdul Aziz dan Distrik Keuangan Raja Abdullah, di mana pengunjung juga dapat melihat Light Upon Light, pameran seni ringan rutin yang telah dari tahun 1960-an hingga sekarang, yang akan ditampilkan hingga 12 Juni.

“Salah satu aspek terpenting dari Visi 2030 adalah berkembangnya ekonomi kreatif Saudi, yang kami coba dukung, dan ini adalah salah satu sorotan utama Noor Riyadh sebagai program,” jelas Anas Najmi, penasihat Royal Commission untuk Kota Riyadh, kepada Arab News, menambahkan bahwa salah satu tujuan festival ini adalah untuk menarik pengunjung ke situs-situs di Riyadh yang jarang dikunjungi, termasuk Perpustakaan Nasional Raja Fahd, Diplomatic Quarter dan JAX, zona industri Diriyah.

“Terlepas dari semua tantangan pandemi, kami berhasil memberikan pengalaman kepada 15.000 pengunjung hanya dalam satu hari. Kedua, lebih dari 1.200 pekerjaan diciptakan sebagai bagian dari festival Noor Riyadh, setengahnya untuk orang Saudi,” sambungnya. 

“Light Upon Light,” pameran utama, menampilkan survei menyeluruh tentang sejarah seni cahaya melalui tampilan karya seniman internasional terkemuka dari gerakan tersebut, termasuk Dan Flavin, James Turrell, Lucio Fontana, Julio Le Parc dan Robert Irwin, bersama superstar dunia seni kontemporer seperti Urs Fischer dan Yayoi. Juga ditampilkan karya seniman berkembang dan mapan Arab Saudi yang paling menonjol: Nasser Al-Salem, Manal Al-Dowayan, Rashed Al-Shashai, Sultan bin Fahad, Dana Awartani, Maha Malluh, Ayman Yossri Daydban, Ahmed Mater, Ahmad Angawi, Abdullah Al-Othman, Sarah Abu Abdallah dan Mohammed Al-Faraj.

“Menurut pemahaman saya, ini adalah pertama kalinya seni cahaya diperlihatkan di sini di Kerajaan, dan untuk alasan itu saja itu penting,” kata kurator Susan Davidson kepada Arab News.

“Yang juga signifikan adalah dampak yang saya harapkan akan berdampak pada masyarakat Arab Saudi. Seni memiliki banyak bentuk berbeda, dan dapat membawa tingkat kesejahteraan dan kegembiraan ke dalam hidup Anda. Ini bekerja sangat baik dengan Vision 2030 dalam hal-hal yang membuat Riyadh khususnya kota yang sangat layak dan layak huni,” ujarnya menambahkan.

Karya ringan seniman Saudi merujuk pada masa lalu kuno Saudi dan masa kini melalui bentuk-bentuk konseptual. Misalnya, "Once Was A Ruler" (2019) karya Sultan bin Fahad adalah serangkaian komposit dari fotografinya tentang pahatan kuno para raja dari kerajaan Arab kuno Lihyan, yang digabungkan dengan sinar-X tubuhnya sendiri. “Casino Al-Riyadh” (2021) karya Abdullah Al-Othman mengambil bentuk tanda berwarna neon yang meniru anatomi unik kota Riyadh dan menarik inspirasi dari tanda berlampu di seluruh kota. Itu juga merujuk pada bekas tempat berkumpul di Riyadh. Disempurnakan dengan perkawinan paling kuat antara Saudi lama dan baru melalui medium seni cahaya dapat ditemukan dalam karya Robert Wilson "Palace of Light" (2021). 

Pertunjukan ini dengan cepat dikonsumsi dan dibagikan secara luas di platform media sosial, memberi dunia rasa kecemerlangan Noor Riyadh. Seperti yang dikatakan Davidson, “Banyak hal terjadi di dunia seni melalui bisikan. Bahkan mereka yang tidak dapat menghadiri pertunjukan monumental ini akan mendengarnya."

sumber: https://www.arabnews.com/node/1828976/saudi-arabia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement