Senin 22 Mar 2021 13:20 WIB

Arab Saudi Adakan Kompetisi Desain Masa Depan NEOM 2050

Saudi Adakan Kompetisi Desain Masa Depan NEOM Tahun 2050

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Arab Saudi Adakan Kompetisi Desain Masa Depan NEOM 2050. Foto: Bendera Arab Saudi.
Foto: Eurosport
Arab Saudi Adakan Kompetisi Desain Masa Depan NEOM 2050. Foto: Bendera Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Perusahaan Manga Productions Arab Saudi telah mengumumkan membuka kompetisi desain khusus bagi para seniman, Rabu (17/3). Kompetisi ini meminta mereka untuk merancang produk masa depan bagi kota NEOM yang sedang berkembang.

Bekerja sama dengan NEOM, kompetisi tersebut akan memberi para seniman kesempatan untuk merancang solusi inovatif bagi penduduk NEOM di masa depan. NEOM merupakan sebuah proyek pembangunan megacity milik Saudi yang berada di pantai barat laut Kerajaan dan bernilai 500 miliar dolar AS.

Baca Juga

Kompetisi ini terbuka untuk semua penggemar menggambar di Arab Saudi dan Jepang, dengan kriteria usia antara 13 hingga 35 tahun. Tiga desain pemenang akan diumumkan pada 18 April.

Ketiga desain ini juga akan ditampilkan dalam musim kedua seri anime "Future's Folktales", pada 2022. Tak hanya itu, pemenang juga mendapatkan akses kursus intensif selama enam minggu untuk desain karakter yang dibawakan oleh para ahli internasional.

"Di Manga Productions, kami percaya akan pentingnya memberdayakan bakat dan menciptakan peluang bagi mereka untuk mengembangkan kreativitas mereka," kata CEO Manga Productions, Essam Bukhary, di akun Twitter resminya, dikutip di Arab News, Senin (22/3).

Ia menambahkan, kompetisi tersebut merupakan bagian dari upaya mengekspor budaya dan kreativitas Saudi ke seluruh dunia, melalui serial anime “Future’s Folktales”.

Serial ini adalah pertunjukan animasi Saudi pertama yang menghubungkan masa lalu dengan masa depan. Karya ini adalah produksi bersama antara Manga Productions Arab Saudi dan Animasi TOEI Jepang.

Musim pertama tayangan ini dirilis pada tahun 2020 sebanyak 13 episode, dengan menampilkan kekayaan budaya, bahasa, warisan, dan nilai Arab dan Saudi. Karya ini memperoleh 100 juta tampilan di seluruh dunia di 32 platform dan saluran di Jepang, Cina, Taiwan, Irlandia, Inggris dan AS.

Untuk seri kedua, pihak produksi akan menggunakan NEOM sebagai lokasi pusat cerita. Para seniman diundang untuk membayangkan kehidupan warga di kota futuristik pada tahun 2050.

Mereka dibebaskan merancang alat peraga unik, termasuk telepon, drone mikro, hingga peralatan gym. Mereka yang ikut serta dalam kompetisi harus menjelaskan inovasi di balik perangkat mereka dan mengapa perangkat tersebut berguna.

Menurut Bukhary, kemitraan dengan NEOM mendukung tujuan Manga Productions dalam menginspirasi generasi masa depan, agar menjadi bagian dari pembangunan kota dan membangun masa depan yang lebih cerah.

Seniman muda Saudi dari Provinsi Timur, Aisha Al-Maghlouth, mengatakan tantangan kompetisi tersebut merangsang kreativitasnya. Ia bahkan menyebut ide di balik kompetisi ini sangat cerdas.

"Kompetisi ini mendukung lebih dari satu kategori kreatif pada saat yang sama. Saya senang melihat desain kreatif yang saya yakin akan mengesankan. Saya bersedia menjadi salah satunya," katanya.

Seniman berusia 24 tahun itu mengatakan banyak talenta lokal yang tersembunyi dan belum ditemukan oleh publik. Keberadaan kompetisi adalah salah satu cara untuk mendukung dan mensponsori daya kreatif Saudi di masa depan.

Juri nantinya akan mengevaluasi setiap kiriman karya dan menilai berdasarkan kemampuan seniman untuk mengkomunikasikan konsep desain, inovasi dan kreativitas, termasuk detail estetika dan keamanan produk secara keseluruhan.

Manga Productions merupakan anak perusahaan dari Misk Foundation. Perusahaan ini berfokus pada produksi animasi, komik manga, dan video gim dengan konten yang kreatif dan positif.

Perusahaan bekerja sebagai pelopor dalam pengembangan konten kreatif, serta menawarkan produk inovatif untuk membangun dan mewujudkan ambisi para kreatif muda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement