Senin 22 Mar 2021 17:15 WIB

Wapres: MES Harus Lebih Dirasakan Umat

MES juga diharapkan bisa ikut aktif menyediakan solusi atas masalah umat

Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok.KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023 yang baru dilantik harus bisa hadir di tengah masyarakat. Lebih dari itu, MES juga diharapkan bisa ikut aktif menyediakan solusi atas masalah-masalah yang ada di tengah umat.

"Sebagaimana diamanatkan dalam Musyawarah Nasional V kemarin, kehadiran MES harus bisa lebih dirasakan oleh umat," kata Ma'ruf saat menghadiri pelantikan pengurus MES di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (22/3).

Ma'ruf menambahkan, peran MES dibutuhkan dengan kondisi tantangan yang kini dihadapi umat Islam baik global maupun nasional, diikuti kondisi sosial dan ekonomi masyarakat yang menurun akibat pandemi Covid-19

Di sisi lain, berbagai upaya pemberdayaan ekonomi umat oleh organisasi-organisasi Islam masih tertatih-tatih dan terkendala terbatasnya sumber daya termasuk permodalan.

"MES sebagai organisasi keumatan diharapkan senantiasa konsisten menjadi lokomotif pengembangan ekonomi syariah di Indonesia yang diharapkan bisa lebih luwes dan membumi, menyentuh umat secara langsung," kata Ma'ruf.

Selain itu, ia juga meminta MES dapat menjadi motor penggerak dalam pengembangan usaha, termasuk usaha mikro dan kecil. Pengembangan usaha syariah skala mikro dan kecil, termasuk usaha keuangan agar didorong menjadi bagian dari rantai nilai industri halal global untuk memacu  pertumbuhan usaha dan peningkatan ketahanan ekonomi umat.

"MES juga perlu mendorong pembangunan pusat-pusat bisnis syariah (sharia business center) yang didukung infrastruktur digital sebagai sarana interaksi antar pelaku bisnis syariah," kata Ma'ruf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement