Selasa 23 Mar 2021 12:22 WIB

Trump akan Luncurkan Platform Media Sosial Miliknya

Akun media sosial Donald Trump dinonaktifkan oleh media sosial mainstream.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Mantan Presiden AS, Donald Trump
Foto: AP
Mantan Presiden AS, Donald Trump

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON — Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa akan meluncurkan platform media sosial miliknya sendiri dalam waktu dekat.

Menurut laporan, Trump berencana meluncurkan platform media sosial baru miliknya dalam dua atau tiga bulan mendatang. Sebelumnya, akun-akun media sosial yang digunakan olehnya, mulai dari Twitter hingga Facebook telah dinon-aktifkan oleh perusahaan tersebut, karena miliarder itu dianggap telah menyalahi aturan sesuai kebijakan yang berlaku.

Baca Juga

Secara khusus akun Twitter dan Facebook Trump tidak dapat aktif sejak terjadinya kerusuhan di gedung Capitol di Ibu Kota Washington. Saat itu, insiden dianggap terjadi karena pengaruh dari pria berusia 74 tahun itu terhadap para pendukungnya untuk membatalkan hasil pemilihan presiden November 2020, di mana ia kalah dan gagal menjabat sebagai pemimpin AS untuk periode kedua.

“Saya pikir Trump akan kembali ke media sosial dalam dua hingga tiga bulan ke depan dengan platform miliknya sendiri,” ujar Jason Miller selaku penasihat senior Trump kepada Fox News, seperti dilansir The Week, Senin (22/3).

Pekan lalu, Twitter mengatakan ada rencana meminta saran publik mengenai akun-akun dari para pemimpin dunia. Termasuk tentang apakah mereka harus menghadapi aturan yang sama dengan pengguna lainnya. Platform media ini, serta Facebook selama ini telah mengawasi akun-akun yang terdaftar dan unggahan atau konten yang dibagikan.

Sementara itu, Facebook telah meminta dewan pengawas independen untuk memutuskan apakah larangan terhadap Trump untuk aktif di media sosial itu harus tetap berlaku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement