Jumat 26 Mar 2021 05:02 WIB

UGM Buka Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bulan Agustus

Pembelajaran tatap muka akan mempertimbangkan kasus setelah hari raya besar Lebaran

Kampus UGM.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada berencana membuka kegiatan pembelajaran secara tatap muka secara terbatas pada pembukaan tahun ajaran baru pada Agustus mendatang. Kegiatan belajar secara tatap muka ini masih dilakukan terbatas dengan memprioritaskan mahasiswa yang berasal dari sekitar DIY dan Jawa Tengah. Namun begitu pembelajaran tatap muka ini akan meminta restu atau izin dari orang tua masing-masing mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Djagal Wiseso mengatakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara tatap muka akan mempertimbangkan kondisi jumlah kasus Covid-19 pasca hari raya besar Lebaran. Apabila sebaran jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kondusif atau bisa tertangani dengan baik maka akan dilaksanakan di bulan Agustus. Namun jumlah kasus positif Covid-19 meningkat maka pelaksanaan kegiatan kuliah tatap muka akan diundur pada bulan Oktober atau November. “Kita siapkan dua skenario,“ kata Djagal kepada wartawan, Kamis (25/3).

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka ini pihak UGM meminta mahasiswa bawa surat persetujuan dari orang tua atau wali si mahasiswa. Untuk tahap awal ini, mahasiswa yang diperbolehkan ikut kuliah tatap muka diprioritaskan bagi yang berdomisili di sekitar DIY dan Jawa Tengah. "Untuk kuliah luring ini kita lakukan bertahap dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," paparnya.

Disamping menyertakan surat persetujuan orang tua, mahasiswa yang ikut kuliah luring secara periodik akan diminta pemeriksaan kesehatan bebas Covid-19 dengan alat deteksi Genose. “Secara periodik kita lakukan pemeriksaan dengan Genose,” katanya.

Sebelum pelaksanaan kuliah tatap muka secara terbatas dimulai, kata Djagal, UGM menargetkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan UGM sudah disuntik vaksin semua. Seperti diketahui pekan lalu, mayoritas dosen UGM yang berusia lansia sudah ikut vaksinasi. Dalam waktu dekat dosen dan tenaga kependidikan non lansia akan divaksinasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement