Ahad 28 Mar 2021 23:18 WIB

Setiap Tahun, Vandalisme di Masjid Siprus Terus Terjadi

Vandalisme terjadi di tanggal yang sama yakni bertepatan dengan hari raya nasional

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi vandalisme.
Foto: nbcphiledhelphia
Ilustrasi vandalisme.

IHRAM.CO.ID, EPISKOPI --- Aksi vandalisme masjid-masjid di Republik Siprus berlangsung setiap tahun. Tak hanya itu, vandalisme itu pasti terjadi di tanggal yang sama yakni bertepatan dengan hari raya nasional.

"Hal yang sama (vandalisme) terjadi setiap tahun pada hari jadi nasional 25 Maret dan 28 Oktober," kata ketua komunitas Muslim Episkopi, Lefkios Prodromou seperti dilansir in Cyprus pada Ahad (28/3).

Ia pun mengecam keras tindakan beberapa orang yang mencorat-coret salah satu Masjid di Episkopi dengan gambar dan kata hinaan. Ia menyebut hal itu sebagai perbuatan yang tak bisa ditolerir.

Prodromou mengatakan bahwa para pelaku vandalisme beberapa hari lalu telah diketahui dan berharap aparat mengusut tuntas. Sementara itu ia dan anggota Departemen Arkeologi telah membersihkan coretan-coretan yang mengotori tiap masjid.

Sebelumnya Pemerintah Turki juga mengecam tindakan vandalisme baru-baru ini yang terjadi di masjid Siprus Selatan, Turki. Dalam tulisannya terdapat slogan anti-Turki pada peringatan 200 tahun kemerdekaan Yunani dari Kekaisaran Ottoman.

Dilansir dari Sputniknews.com,  orang-orang tidak dikenal merusak masjid di desa Episkopi dengan menulis slogan nasionalis Yunani bersama dengan bendera Yunani dan salib Kristen yang digambar di dinding dan pintunya.

Pemerintah Siprus mengecam tindakan vandalisme tersebut, sementara Ersin Tatar, presiden Republik Turki Siprus Utara yang memproklamirkan diri, menyerukan teguran kepada mereka yang bertanggung jawab atas insiden tersebut secepat mungkin.

"Tindakan tersebut tidak memberikan kontribusi untuk menciptakan suasana untuk menemukan solusi untuk masalah Siprus," kata Juru Bicara Pemerintah Siprus Kyriakos Kousios.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement