Jumat 16 Apr 2021 00:53 WIB

Lansia di Banyumas akan Divaksin di Malam Hari

Vaksinasi di malam hari mempertimbangkan kebugaran lansia.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Warga lanjut usia mengikuti vaksinasi covid-19. ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga lanjut usia mengikuti vaksinasi covid-19. ilustrasi

IHRAM.CO.ID, PURWOKERTO -- Selama bulan Ramadhan program vaksinasi di Banyumas akan diubah. Kepala Dinas Kesehatan Sadiyanto menyebutkan, selama Bulan Ramadhan ini vaksinasi akan dilakukan malam hari.

Dia menyebutkan, kebijakan perubahan waktu pemberian vaksinasi bagi lansia ini diputuskan dengan pertimbangan aspek kebugaran lansia. Menurutnya, lansia yang berpuasa, bagaimana pun kondisi fisiknya tidak akan sebugas saat tidak berpuasa.

Baca Juga

"Karena itu, kita putuskan agar pemberian vaksin Covid 19 bagi lansia dilakukan pada malam hari, setelah para lansia tersebut berbuka puasa,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, program vaksinasi bagi lansia saat ini masih terus berjalan. Bahkan lansia yang telah mendapat suntikan dosis pertama, saat ini sudah mulai mendapatkan dosis kedua. ''Pada  bulan puasa ini, pemerintah memang mengizinkan orang berpuasa untuk tetap mendapatkan vaksin. Termasuk bagi lansia,'' ujarnya.

Namun dia menyebutkan, proses screening atau pemeriksaan kesehatan terhadap lansia yang akan menerima vaksin selama puasa, harus dilaksanakan lebih cermat. Sadiyanto menyebutkan, pelayanan pemberian vaksin pada malam hari ini, akan dilaksanakan di puskesmas-puskesmas. Rencananya, pemberian vaksin dilakukan setelah waktu pelaksanaan  shalat tarawih.

''Tapi mungkin pemberian vaksin pada malam hari ini tidak dilaksanakan setiap hari. Tapi disesuaikan dengan jadwal piket tenaga kesehatan yang ada di masing-masing puskesmas,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement