Rabu 21 Apr 2021 06:17 WIB

Hampir Seribu Pohon Rawan Tumbang Dipangkas di Jakpus

Sejak pertengahan April 2021, sudah ada 991 pohon rawan tumbang yang dipangkas.

Rep: Febryan A / Red: Andi Nur Aminah
Petugas mengevakuasi pohon tumbang (ilusrasi)
Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Petugas mengevakuasi pohon tumbang (ilusrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) telah memangkas 991 pohon rawan tumbang di wilayahnya. Langkah ini diklaim ampuh mencegah pohon roboh selama musim penghujan.

"Sejak Januari hingga pertengahan April 2021 kami sudah memangkas 991 pohon rawan tumbang untuk mencegah terjadinya pohon tumbang," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Pusat, Mila Ananda kepada wartawan, Selasa (20/4). 

Baca Juga

Mila mengatakan, pohon-pohon yang dipangkas adalah yang sudah berusia tua. Ada juga pohon-pohon yang sudah keropos atau rusak karena terdampak pengerjaan saluran. 

Langkah ini, ujar Mila, terbukti ampuh. Selama musim hujan, tidak ada pohon yang tumbang di Jakarta Pusat. "Selama musim hujan sampai bulan ini (April) tidak ada pohon yang tumbang," kata dia. 

Selama April ini, tercatat sudah puluhan pohon tumbang di Jakarta. Pada 14 April, misalnya, tercatat 22 pohon tumbang di Jakarta Barat karena hujan dan angin kencang. Salah satu di antaranya menimpa sebuah mobil yang sedang terparkir.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement