Kamis 22 Apr 2021 15:28 WIB

Daop 5 Operasikan Lagi KA Purwojaya dan KA Wijaya Kusuma

Operasional perjalanan KA mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Rangkaian kereta api.
Foto: Yusuf Assidiq.
Rangkaian kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menjelang Lebaran 2021 ini, PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, mengoperasikan kembali dua KA penumpang yang sejak pandemi Covid-19 cukup lama tidak beroperasi. Kedua KA tersebut terdiri dari KA Purwojaya relasi Cilacap-Gambir PP KA Wijaya Kusuma Relasi Cilacap- Surabaya Gubeng- Ketapang PP.

Manajer Humas  Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi menyebutkan, kedua KA tersebut memang segera dioperasikan kembali. Namun dia menyatakan, pengoperasiannya tidak setiap hari, melainkan hanya pada hari-hari tertentu menjelang Lebaran.

''Seperti KA Purwojaya, menurut rencana akan dioperasikan pada 25 April besok saja. Sedangkan KA Wijaya Kusuma, akan dioperasikan selama tiga kali, yakni pada 23, 25, dan 30 April 2021,'' jelasnya.

Menurut dia, pengoperasian KA Purwojaya dan KA Wijaya Kusuma untuk memenuhi peningkatan permintaan calon penumpang selama bulan suci Ramadhan. Mengenai pengoperasian KA pada Mei, Ayep mengaku masih menunggu informasi lebih lanjut dari PT KAI Pusat.

 

Ia menyebutkan, selama masa pandemi Covid-19, operasional perjalanan KA mengacu pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk menjaga jarak fisik antar penumpang, jumlah maksimum penumpang KA dibatasi maksimal 70 persen dari kapasitas.

Selain itu, sejumlah persyaratan juga diterapkan untuk memastikan kondisi kesehatan penumpang. Antara lain, calon penumpang yang akan berangkat wajib memiliki berkas pemeriksaan Covid-19 dengan hasil negatif melalui PCR Test, GeNose Test, atau rapid antigen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement