Ahad 25 Apr 2021 12:40 WIB

Arab Saudi Luncurkan Platform Elektronik Kurma Global

Arab Saudi menyumbang 17 persen dari hasil kurma global.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Luncurkan Platform Elektronik Kurma Global. Kebun Kurma
Foto: Antara
Arab Saudi Luncurkan Platform Elektronik Kurma Global. Kebun Kurma

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi meluncurkan platform elektronik global untuk kurma sebagai cara untuk memperkenalkan investor internasional pada berbagai jenis buah yang diproduksi di negara tersebut.

Kerajaan Arab Saudi adalah salah satu negara penghasil kurma terpenting di dunia. Mereka menyumbang 17 persen dari hasil kurma global.

Baca Juga

CEO National Center for Palm and Dates (NCPD) Mohammed Al-Nuwairan mengatakan, platform tersebut akan diluncurkan sebelum akhir tahun dan akan tersedia dalam empat bahasa. Di antaranya Arab, Inggris, Indonesia, dan Jerman.

Dia menjelaskan tujuan platform adalah meningkatkan pemasaran, serta memberikan pilihan produk dan informasi kepada investor dan pembeli tentang kurma termasuk jenis dan asal mereka.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian, serta Pusat Nasional Palm dan Kurma untuk memfasilitasi prosedur ekspor dan membuka outlet penjualan pemasaran di luar Kerajaan Arab Saudi untuk mengirimkan kurma ke semua negara di dunia," kata Al-Nuwairan, dilansir dari laman Arab News, Ahad (25/4).

Dia mengatakan upaya sedang dilakukan untuk memasarkan kurma Arab Saudi ke luar negeri dan meningkatkan ekspor kurma dengan mengikuti acara, pameran internasional, pertemuan bilateral, dan program pemberdayaan ekspor dengan tujuan membuka outlet pemasaran baru.

Studi penelitian dan pemasaran telah dipresentasikan ke negara-negara target untuk mengklasifikasikan kurma sebagai buah berkualitas tinggi. Upaya juga dilakukan untuk bekerja dengan perusahaan yang mengembangkan produk dari kurma. Seperti tepung, selai, gula cair, ragi, jus, adonan, molase, alkohol obat, dan cuka, dengan mencari dan merangsang keterlibatan sektor swasta.

photo
Infografis Jenis Kurma Favorit dari Arab Saudi - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement