Kamis 29 Apr 2021 10:19 WIB

Argentina Tekan AstraZeneca Penuhi Pasokan Vaksin

Sebagian vaksin AstraZeneca dibuat di Argentina.

Argentina Tekan AstraZeneca Penuhi Pasokan Vaksin. Vaksinator menunjukkan botol kemasan vaksin Covid-19 Astrazeneca.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Argentina Tekan AstraZeneca Penuhi Pasokan Vaksin. Vaksinator menunjukkan botol kemasan vaksin Covid-19 Astrazeneca.

IHRAM.CO.ID, BUENOS AIRES -- Pemerintah Argentina pada Rabu (28/4) mengatakan mereka bertemu dengan perwakilan perusahaan farmasi AstraZeneca Plc untuk menanyakan tentang kesulitan dalam produksi vaksin Covid-19 dan pasokannya ke negara itu.

Menteri Kesehatan Argentina Carla Vizzotti secara resmi meminta laporan kemajuan produksi dan kendali mutu vaksin AstraZeneca, yang sebagian dibuat di Argentina dan diselesaikan di Meksiko dan Amerika Serikat.

Baca Juga

"Kami mengadakan pertemuan baru dengan presiden AstraZeneca Argentina dan perwakilan perusahaan itu untuk meminta mereka melaporkan sesegera mungkin tentang kemungkinan kesulitan yang dialami dalam proses produksi vaksin," kata Vizzotti.

Dia juga meminta perkiraan jadwal pengiriman vaksin, dengan mengatakan informasi itu penting untuk mengatur gerakan vaksinasi. Argentina pada November lalu membuat kesepakatan dengan AstraZeneca untuk menerima sekitar 22 juta dosis vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan dengan Universitas Oxford, dengan target memulai pengiriman pada paruh pertama tahun ini.

Vaksin tersebut dimaksudkan diproduksi secara regional oleh perusahaan Argentina mAbxience dan laboratorium Meksiko Liomont. Namun, terakhir kali terjadi penundaan produksi sehingga meningkatkan ketegangan karena pemerintah sedang berjuang meningkatkan program inokulasi.

Penundaan pengiriman vaksin Covid-19 buatan AS dan Eropa, yang seharusnya sudah tiba di wilayah tersebut, mendorong negara-negara seperti Meksiko dan Argentina beralih ke kesepakatan pasokan vaksin dengan Rusia dan China. Menteri Luar Negeri Argentina Felipe Sola bertemu dengan Duta Besar Kuba Pedro Pablo Prada guna membahas proposal Argentina membantu mendanai peningkatan produksi vaksin Kuba, kata kementerian itu dalam pernyataan.

"Negara kami menunggu selesainya pembicaraan di tingkat presiden dengan tujuan setelah itu selesai, kami dapat mempercepat kemungkinan kesepakatan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement