Senin 03 May 2021 08:18 WIB

Iran Bebaskan Tahanan AS-Inggris dengan Imbalan Uang

Pembebasan ini terjadi dengan imbalan 7 miliar dolar dari Amerika Serikat dan Inggris

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Penjara di Teheran, Iran
Foto: FARS
Penjara di Teheran, Iran

IHRAM.CO.ID, TEHRAN -- Iran akan membebaskan tahanan yang memiliki hubungan dengan negara Barat. Pembebasan ini terjadi dengan imbalan miliaran dolar dari Amerika Serikat dan Inggris.

Laporan televisi pemerintah Iran pada Ahad (2/5), mengatakan kesepakatan yang dibuat antara AS dan Teheran melibatkan pertukaran tahanan dengan imbalan pelepasan 7 miliar dolar AS dana Iran yang dibekukan.

"Amerika menerima untuk membayar 7 miliar dolar AS dan menukar empat orang Iran yang aktif melewati sanksi untuk empat mata-mata Amerika yang telah menjalani sebagian dari hukuman mereka," ujar laporan tersebut.

Teheran menahan empat orang warga AS di penjara. Mereka termasuk Baquer dan Siamak Namazi, pemerhati lingkungan Morad Tahbaz dan pengusaha Iran-Amerika Emad Shargi. Namun, laporan TV pemerintah tidak segera menyebutkan orang-orang Iran yang diharapkan Teheran untuk mendapatkan pertukaran.

Selain warga AS, laporan yang mengutip pejabat pemerintah Iran mengatakan kesepakatan telah dicapai juga dengan Inggris. Negara itu akan membayar 400 juta pound untuk pembebasan warga Inggris-Iran Nazanin Zaghari-Ratcliffe.

Pekan lalu, Zaghari-Ratcliffe dijatuhi hukuman satu tahun penjara tambahan. Dia mendapatkan dakwaan menyebarkan propaganda melawan sistem karena berpartisipasi dalam protes di depan Kedutaan Besar Iran di London pada 2009.

Hukuman tersebut terjadi setelah Zaghari-Ratcliffe menyelesaikan hukuman penjara lima tahun di Teheran. Hukuma yang sudah dijalani itu karena dia diduga merencanakan penggulingan pemerintah Iran dan tuduhan tersebut telah dibantah.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement