Kamis 06 May 2021 12:58 WIB

Vaksinasi Lansia di Tanah Datar Belum Capai Satu Persen

Lansia Tanah Datar mengaku takut, tetapi tidak percaya Covid-19.

Vaksinasi Lansia di Tanah Datar Belum Capai Satu Persen
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Vaksinasi Lansia di Tanah Datar Belum Capai Satu Persen

IHRAM.CO.ID, BATUSANGKAR -- Vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat belum mencapai satu persen dari target yang ditetapkan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan belum terpenuhinya realisasi vaksinasi tersebut karena warga merasa takut dan tidak percaya.

Baca Juga

"Mereka beralasan takut dan tidak percaya terhadap Covid-19 dan memilih pasrah karena berpikir sudah tua," katanya, Kamis (6/5).

Meski belum bisa diterima oleh masyarakat, khususnya warga lanjut usia, ia tetap berupaya menyosialisasikan kembali kepada kelompok itu akan pentingnya vaksinasi. "Kami akan tetap berupaya menyosialisasikan kembali kepada kelompok itu akan pentingnya vaksinasi dan meyakinkan mereka Covid-19 itu ada," katanya.

Ia mengatakan untuk pemberian vaksinasi bagi warga lanjut usia tersebut tergabung bersama petugas pelayanan publik di Tanah Datar. Dari sebanyak 38.116 target vaksinasi tahap sekarang ini baru sekitar 400-an warga lanjut usia yang mau divaksinasi atau tidak sampai satu persen dari jumlah itu.

Sedangkan sejak pemberian vaksin dari tahap awal, bagi kelompok tenaga kesehatan maupun kelompok seperti TNI dan polisi termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah hampir terealisasi semuanya.

"Vaksinasi itu diberikan secara bertahap terhadap kelompok tertentu, kalau untuk tenaga kesehatan, TNI dan polisi serta ASN sudah mulai rampung, nah sekarang kita masuk ke kelompok lansia," katanya.

Ia mengatakan terkait cenderung naiknya angka kasus positif Covid-19 di Tanah Datar ia mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement