Senin 10 May 2021 09:30 WIB

Arab Saudi akan Adakan Haji dalam Kondisi Khusus Covid-19

Haji dalam kondisi khusus covid-19 akan diadakan Arab Saudi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
Arab Saudi akan Adakan Haji dalam Kondisi Khusus Covid-19. Foto: Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto: Republika
Arab Saudi akan Adakan Haji dalam Kondisi Khusus Covid-19. Foto: Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Juru Bicara Kementerian Haji dan Umroh mengumumkan pada Ahad (9/5), Arab Saudi akan mengadakan ibadah haji di bawah kondisi khusus. Hal ini dilakukan guna mengatasi penyebaran Covid-19.

“Otoritas kesehatan di Saudi terus mengamati situasi dan mengambil semua tindakan untuk memastikan keamanan semua orang,” kata juru bicara dalam siaran pers, dilansir Al Arabiya, Senin (10/5).

Baca Juga

Dia menambahkan untuk informasi lebih lanjut tentang rencana operasional haji tahun ini akan diumumkan nanti. Tahun lalu, Saudi hanya mengizinkan sejumlah kecil dari warga yang tinggal di Saudi dan yang memenuhi kriteria tertentu untuk berpartisipasi dalam haji. Haji merupakan salah satu lima dari rukun Islam dan diwajibkan Muslim melakukannya setidaknya sekali seumur hidup.

Menurut Menteri Haji dan Umroh, mereka yang berhasil terpilih dipilih secara acak melalui sistem otomatis tanpa keterlibatan manusia. Kelompok tersebut diharuskan mengisolasi diri di rumah selama tujuh hari sebelum tiba di Makkah, sebagai bagian dari persyaratan untuk ikut menunaikan ibadah haji.

 

Kemudian para peserta dikarantina di hotel yang ditentukan sampai dimulainya ritual ibadah. Jemaah diangkut dalam kelompok yang ditentukan setiap hari  peneraparan prosedur kesehatan. Misal, mengenakan masker dan mengatur jarak setiap saat. 

sumber : Alarabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement