Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Wahyudi

11 Fakta Menarik tentang IoT Internet of Things

Teknologi | Saturday, 15 May 2021, 21:13 WIB
Sumber: www.logique.co.id
Sumber: www.logique.co.id

Seringkali untuk mengotomatiskan proses dengan lebih baik, dan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih kohesif dan terinformasi. Dalam istilah yang sangat sederhana, IoT adalah tentang mencoba menghubungkan hampir semua hal di dunia ke internet dengan cara tertentu.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang IoT Internet of Things yang telah berkembang.

Lebih Dari 20 Milyar Perangkat Terhubung Ke IoT

7 miliar perangkat terhubung ke internet pada 2018, dengan jumlah perangkat yang terhubung diperkirakan akan mendekati 10 miliar pada akhir tahun 2020.

Akan ada lebih dari 20 miliar perangkat yang terhubung pada akhir 2020, dan lebih dari 25 miliar pada akhir 2021.

6 Milyar Pengguna Smartphone Terhubung ke IoT

Sebagian besar IoT terdiri dari smartphone. Faktanya, jumlah total pengguna smartphone mencapai 3 miliar pada 2018 dan 6 miliar pada 2020.

Pada tahun 2020, akan ada hampir 3 perangkat yang terhubung ke internet untuk setiap manusia di planet ini.

Ericsson memperkirakan bahwa smartphone akan mencakup hampir 9 miliar perangkat yang terhubung ke internet pada tahun 2024.

Perangkat IoT Smart Home Semakin Meningkat

Sebagian besar perangkat IoT adalah yang kita gunakan di rumah, atau di kantor. Pada 2018, lebih dari separuh perangkat IoT telah tersambung ke Jaringan Area Pribadi Nirkabel, seperti Bluetooth, Zigbee, dan Z-Wave.

Perangkat rumah pintar adalah dan akan terus menjadi komponen utama IoT. Penjualan perangkat diperkirakan lebih dari $ 50 miliar pada tahun 2018, sementara lebih dari 663 juta perangkat rumah pintar ada di rumah-rumah di seluruh dunia pada tahun 2017.

Jumlah perangkat rumah pintar yang dibeli diperkirakan akan melebihi 1,94 miliar pada tahun 2023, dengan penjualan perangkat melebihi $ 78 miliar pada saat itu juga.

Smart City Menggunakan IoT

“Kota pintar” adalah konsep utama dan muncul di IoT. Lebih dari seperlima dari semua proyek IoT yang diumumkan secara publik melibatkan beberapa jenis "kota pintar" yang digerakkan oleh IoT, dengan sebagian besar "kota pintar" ini (45 persen) berada di Eropa.

IoT dan Serangan Cyber

Lebih dari seperempat dari semua serangan dunia maya terhadap bisnis akan berbasis IoT pada tahun 2025.

Ancaman keamanan yang paling umum terhadap IoT adalah malware (49 persen), kesalahan manusia (39 persen) dan serangan DDoS (22 persen).

Pelanggaran keamanan adalah kelemahan signifikan pada IoT. Menurut IEEE, lebih dari 80 persen organisasi yang menggunakan perangkat IoT mengalami pelanggaran keamanan pada perangkat atau infrastruktur IoT mereka.

IoT Bidang Perawatan Kesehatan

Industri perawatan kesehatan telah menjadi pengadopsi cepat teknologi IoT. Ini datang dengan banyak keuntungan dan banyak resiko. Tetapi ukuran keseluruhan dan kompleksitas pasar adalah contoh sempurna dari kekuatan transformatif IoT dalam satu industri penting.

Pada akhir 2019, 60 persen organisasi perawatan kesehatan menggunakan perangkat IoT. Mayoritas organisasi perawatan kesehatan (87 persen) berencana untuk menerapkan teknologi IoT pada akhir 2019. Sebagai perbandingan, 85 persen bisnis non-perawatan kesehatan berencana untuk melakukannya dalam periode waktu yang sama.

Perangkat IoT perawatan kesehatan yang paling umum termasuk monitor pasien (64 persen), pengukur energi (56 persen), dan perangkat pencitraan (33 persen).

Lebih dari 70 persen organisasi perawatan kesehatan yang menggunakan perangkat IoT menggunakannya untuk pemantauan dan pemeliharaan. 50 persen IoT perawatan kesehatan digunakan untuk operasi dan kontrol jarak jauh, dan 47 persen menghubungkan perangkat mereka ke layanan berbasis lokasi.

IoT Bidang Industri, Energi, dan Konstruksi

Sektor manufaktur dan industri adalah pengadopsi awal dan cepat teknologi IoT, sebuah tren yang saat ini dikenal sebagai Industri 4.0. Industrial Internet of Things (IIoT) memiliki fokus utama bukan pada orang yang menggunakan mesin, tetapi pada otomatisasi mesin dengan masukan manusia yang minimal berkat robotika.

IoT diatur untuk memungkinkan robot beroperasi lebih cerdas di sektor industri, dengan langkah ke arah efisiensi yang lebih besar dan penghematan biaya. Mesin yang dioperasikan manusia mengalami penurunan di sektor manufaktur dan industri, membuat IoT otomatis yang membutuhkan tingkat penurunan input manusia menjadi fokus besar.

IoT Dapat Meningkatkan Keamanan Industri Konstruksi

Sementara itu, konstruksi mengalami adopsi yang sedikit lambat dengan teknologi baru seperti IoT. Meskipun secara teknis merupakan bagian dari sektor industri, konstruksi mempertahankan seperangkat kebutuhan teknologi yang membedakannya, meskipun memiliki banyak tantangan teknis yang sama dengan sektor industri yang lebih luas.

Ada banyak perhatian tentang bagaimana IoT dapat digunakan untuk meningkatkan keselamatan pekerja dalam konstruksi, yang disambut dengan terbuka oleh banyak pekerja dan pengamat industri.

Mengingat industri konstruksi termasuk yang paling berbahaya bagi pekerja, IoT dapat membantu membuatnya lebih aman daripada sebelumnya, selama bisnis konstruksi bersedia mengeluarkan uang untuk mewujudkannya.

Asia adalah Pengguna Robot Industri Terbesar

China menggunakan lebih banyak robot industri (banyak di antaranya terhubung ke internet) daripada siapa pun di dunia.

Asia dan Australia secara kolektif adalah pengguna robot industri terbesar. Wilayah itu saat ini menggunakan lebih dari 60 persen dari semua unit robot industri di seluruh dunia, dibandingkan hanya sekitar 20 persen di Eropa, dan sekitar 13 persen di Amerika.

Margin tersebut diperkirakan akan tumbuh lebih besar karena negara-negara Asia lebih cepat meningkatkan kapasitas produksi otomatis mereka. Lebih khusus lagi, Cina adalah pengguna terbesar robot industri (lebih dari 137.000 unit), dengan Jepang di urutan kedua (lebih dari 45.000 unit).

6 Industri Pendukung IoT

Khususnya, ada 6 teknologi pendukung yang perlu diperhatikan dalam Industrial IoT: Manufaktur aditif (pencetakan 3D), augmented reality dan virtual reality, robot kolaboratif, visi mesin yang terhubung, drone / UAV, dan kendaraan self-driving).

IoT Bidang Pertanian

IoT siap untuk pertumbuhan di sektor pertanian, yang memang sudah dengan cepat mengadopsi solusi IoT jika memungkinkan. Pertanian selalu cepat mengadopsi teknologi baru yang membuat setiap aspek industri lebih cepat dan lebih efisien, karena margin keuntungan baik untuk pertanian skala besar maupun kecil bisa tipis dan didorong oleh pasar yang terkadang tidak dapat diprediksi.

Pasar "Pertanian pintar" atau "pertanian presisi" memanfaatkan RFID, GPS, drone, sensor, dan lainnya untuk mengelola smart farming yang dapat ditindaklanjuti dan untuk mengotomatiskan setiap bagian dari proses.

Pertanian presisi, suatu bentuk pertanian yang menggunakan teknologi untuk membuat setiap aspek proses pertanian sesingkat dan seefisien mungkin, diperkirakan bernilai lebih dari $ 43 miliar pada tahun 2025.

Solusi perangkat keras, seperti sensor, adalah bagian terbesar dari pasar Pertanian Cerdas pada tahun 2019, yang mencakup lebih dari 72 persen pasar.

Sistem panduan (misalnya GPS) memiliki tingkat adopsi tertinggi di seluruh industri pertanian, dan sekarang digunakan di antara 45 dan 65 persen atau lebih areal tanaman yang ditanam.

Petani juga menggunakan GPS untuk pemetaan tanah dan teknologi tingkat variabel (yang memungkinkan petani untuk memvariasikan input tanaman berdasarkan kondisi pertumbuhan) dengan kecepatan sekitar 20 persen per hektar yang ditanam. (DW)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image