Selasa 18 May 2021 17:49 WIB

Lebih 20 Ribu Pelanggan PLN Manfaatkan Promo Tambah Daya

Program promo ‘Ramadhan Peduli’ dan ‘Ramadhan Berkah’ berlanjut sampai 31 Mei 2021.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas PLN sedang memasang meteran listrik di rumah seorang warga.
Foto: Republika/Rahmat Hadi Sucipto
Petugas PLN sedang memasang meteran listrik di rumah seorang warga.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Masyarakat (pelanggan) di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih berkesempatan untuk memanfaatkan promo tambah daya ‘Ramadhan Peduli’ maupun ‘Ramadhan Berkah’ dari PLN.

Pasalnya promo berupa harga khusus biaya penambahan daya listrik bagi rumah tangga dengan daya 450 VA sampai dengan 7.700 VA serta pelanggan sosial khusus rumah ibadah daya 450 VA sampai dengan 7.700 VA tersebut berlanjut sampai dengan akhir bulan ini.

“Promo tambah daya ‘Ramadhan Peduli’ maupun ‘Ramadhan Berkah’ dari PLN masih berlanjut sampai 31 Mei 2021 nanti,” ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, M Irwansyah Putra, di Semarang, Selasa (18/5).

Artinya, jelas Irwansyah, para pelanggan rumah tangga maupun pelanggan sosial khusus rumah ibadah di Jateng dan DIY masih memiliki kesempatan untuk memanfaatkan dan menikmati kedua promo untuk penggunaan listrik lebih produktif tersebut.

Sejauh ini, lanjutnya, program promo tambah daya listrik melalui ‘Ramadhan Peduli’ maupun ‘Ramadhan Berkah’ telah mendapatkan sambutan yang baik, bahkan animo dari para pelanggan PLN yang ada di tanah air juga cukup tinggi.

“Sejak program promo tersebut digulirkan hingga 16 Mei 2021 sudah lebih dari 20 ribu pelanggan PLN di Tanah Air telah mendaftar untuk memanfaatkan promo tambah daya yang diberikan oleh PLN tersebut,” tegasnya.  

Melalui Ramadhan Peduli, masih jelas Irwansyah, pelanggan rumah tangga daya 450 VA sampai dengan 7.700 VA dapat membeli produk Renewable Energy Certificate (REC) sebesar Rp 115.500 yang ditujukan untuk mendukung pembangunan energi terbarukan oleh PLN.

Pelanggan sekaligus ikut serta dalam aksi sosial berupa pasang baru bagi masyarakat kurang mampu. Sebagai bonus tambahan, pelanggan akan mendapatkan harga spesial layanan tambah daya hingga 11 ribu VA hanya dengan biaya sebesar Rp 202.100.

Dalam program ini, PLN mengajak pelanggan rumah tangga untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya meningkatkan penggunaan energi yang lebih bersih demi masa depan yang lebih baik.

Untuk itu, PLN memberikan penawaran bundling dengan membeli REC. REC merupakan suatu sertifikat yang membuktikan bahwa konsumen menggunakan listrik yang berasal dari energi baru terbarukan. Pembelian REC dapat dilakukan melalui situs web https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate .

“Dengan begitu pelanggan akan ikut serta dalam pembangunan energi terbarukan sekaligus juga berpartisipasi dalam aksi sosial, sekaligus mendapatkan penawaran spesial untuk biaya tambah daya,” jelasnya.

Sedangkan melalui program Ramadhan Berkah, pelanggan sosial khusus rumah ibadah daya 450 VA sampai 7.700 VA, PLN juga memberikan penawaran spesial untuk melakukan penyambungan tambah daya hingga 11 ribu VA melalui aplikasi PLN Mobile cukup dengan membayar Rp 150 ribu.

Dengan semangat Ramadhan dan Idul Fitri, PLN ingin terus menghadirkan kemudahan kepada pelanggan, khususnya tempat ibadah untuk menggunakan listrik dari PLN. “Tujuannya agar masyarakat semakin nyaman dalam beribadah,” tegasnya.

Untuk bisa memanfaatkan kedua promo tambah daya tersebut, lanjut Irwansyah, pelanggan juga kian dimudahkan. Yakni bisa mengakses layanan tambah daya cukup melalui aplikasi PLN Mobile, pada fitur layanan.

Selanjutnya pilih opsi ubah daya, selanjutnya masukan ID pelanggan atau nomor meter kemudian pilih daya, produk layanan, dan keperluan yang diinginkan, pilih lanjutkan, kemudian masukkan data diri pelanggan dan permohonan akan diproses oleh PLN.

“PLN yakin listrik dapat meningkatkan produktivitas masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan berharap melalui program ini dapat memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk mendapatkan layanan kelistrikan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement