Jumat 28 May 2021 12:27 WIB

Birmingham Pilih Wali Kota Muslim Baru

Muhammad Afzal telah menjadi wali kota baru Birmingham

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Muhammad Afzal telah menjadi wali kota baru Birmingham
Foto: About Islam
Muhammad Afzal telah menjadi wali kota baru Birmingham

IHRAM.CO.ID, BIRMINGHAM – Anggota Dewan Muhammad Afzal telah menjadi wali kota baru Birmingham setelah dilantik pada Selasa (25/5). Dia menjadi warga Birmingham pertama yang menjadi wali kota di tempat yang ia sudah tinggali lebih dari 50 tahun.

“#BrumLordMayor baru di Birmingham, Muhammad Afzal telah menjabat setelah upacara Pembuatan wali kota di Gedung Dewan,” tulis Dewan Kota Birmingham.

Afzal merupakan Muslim yang lahir di Pakistan dan datang ke Inggris pada tahun 1969. Kemudian dia menetap di Birmingham bersama istrinya, Tazeem.

Dilansir About Islam, Jumat (28/5), Afzal pertama kali terpilih sebagai anggota dewan pada tahun 1982 dari kota Aston Ward. Dewan Kota Birmingham mengatakan dalam sebuah pernyataan daring, ini menjadi anggota dewan Muslim terlama di Inggris. Afzal dipilih oleh kelompok buruh yang berkuasa di dewan kota pada Januari 2020.

Meskipun dia seharusnya menjabat pada Mei 2020, lockdown virus korona menjadi penghalang. Politisi buruh veteran ini merupakan wali kota Muslim kelima Birmingham dengan latar belakang Pakistan. Empat lainnya adalah Mahmood Hussain, Abdul Rashid JP, Shafiq Shah, dan Muhammad Azim.

Hussain adalah Lord Mayor Muslim pertama di Birmingham sementara Shah memegang rekor sebagai Lord Mayor termuda. Awal bulan ini, kota Preston secara resmi menyambut Anggota Dewan Javed Iqbal sebagai wali kota ke-693 dan Muslim pertama yang memegang posisi itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement