Ahad 30 May 2021 19:37 WIB

Maskot Unik Jadi Daya Tarik Tim Liga Jepang

Hampir di setiap stadion, maskot tim J League sering terlihat berfoto bersama fan.

Maskot klub-klub Liga Jepang
Foto: Dok J league
Maskot klub-klub Liga Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu hal yang berbeda dari Liga Jepang dengan liga-liga lain adalah adanya maskot tim. Masyarakat Jepang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa memang sangat cinta dengan maskot. Hal ini bisa dilihat dari populernya maskot Prefektur Kumamoto, Kumamon, di Jepang dan dunia.

Hal ini tak berbeda dengan gelaran J.League. Masing-masing tim memiliki maskot yang unik.

Baca Juga

Hampir di setiap stadion, maskot sering terlihat berfoto bersama fan, tim tuan rumah maupun tim tandang, hal yang tak ditemukan di sepak bola Eropa. Bahkan para maskot ini kadang ikut serta dalam acara-acara komunitas dan masyarakat lokal sebagai perpanjangan tangan klub.

Maskot tak hanya digunakan sebagai ajang promosi dan mencari keuntungan dari penjualan pernik-pernik berbau maskot yang lucu, tetapi juga sudah jadi bagian dari identitas tim. Hal tersebut membuat hampir semua klub J.League memiliki maskot unik yang menggambarkan jati diri klub.

Berikut ini adalah maskot tim-tim Meiji Yasuda J1 League musim ini:

1. Hokkaido Consadole Sapporo – Dole-kun

“Burung hantu dari Utara yang terus mengawasi langit Sapporo.”

Burung hantu ini adalah Blakiston's fish owl (Bubo blakistoni), burung hantu yang pertama kali ditemukan di Hokkaido, endemik di daerah sana, dan merupakan spesies burung hantu terbanyak di Jepang.

2. Urawa Red Diamonds – Redia

“Melindungi berlian merah di Urawa.”

Berlian dan nama “red diamonds” diambil dari logo mereka dulu saat masih bernama Mitsubishi yang memiliki tiga diamond alias tiga berlian.

Selain Redia, Urawa Reds juga memiliki serigala lain bernama Friendia, dan juga serigala kembar Schale dan Diarra yang lahir saat mereka kali pertama juara J.League.

3. Kashima Antlers – Shikao

“Rusa yang dicintai fans Kashima Antlers.”

Antlers diambil dari nama kota mereka, Kashima, yang berarti "Pulau Rusa". Rusa jantan identik memiliki tanduk atau dalam bahasa Inggris, "Antlers".

4. Vissel Kobe – Movi

“Sapi yang percaya diri. Cocok untuk daerah di Jepang yang bisa dibilang sebagai rumah para sapi: Kobe, kota yang terkenal di dunia karena daging sapi yang berkualitas.”

Daging sapi Kobe adalah salah satu daging sapi wagyu paling terkenal di dunia, membuat Kobe identik dengan sapi.

5. Nagoya Grampus – Grampus-kun

“Grampus-kun adalah paus pembunuh terkenal dari J.League, dalam Bahasa Jepang hewan ini disebut ‘Sachi’.”

Maskot ini dipilih oleh Nagoya Grampus karena juga melambangkan hewan mistis yang mencintai dan melindungi Kastil Nagoya. Selain Grampus-kun, klub ini juga memiliki maskot lain: Grara, Grampus-kun Jr., dan Grampako-chan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement