Rabu 02 Jun 2021 20:30 WIB

LIPI Teliti Ekstrak Jamur Anti Sars-Cov-2 Penyebab Covid

LIPI melakukan penelitian untuk eksplorasi metabolit anti-infeksi dari jamur.

LIPI
LIPI

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Andria Agusta mengatakan ada dua macam ekstrak endofit dari jamur Indonesia yang menunjukkan aktivitas biologis untuk anti SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Dari sedikit screening kami menemukan dua jenis ekstrak jamur yang dapat menghambat pertumbuhan SARS-CoV-2 secara in vitro," kata Andria dalam seminar virtual "International Webinar on Natural Products and Tropical Medicine", Jakarta, Rabu (2/6).

Baca Juga

LIPI melakukan penelitian untuk eksplorasi metabolit anti-infeksi dari jamur endofit Indonesia.Andria menuturkan dari proses screening terhadap lebih dari 100 jenis ekstrak endofit dari koleksi atau perpustakaan ekstrak yang dibentuk LIPI, menunjukkan adanya aktivitas untuk antimalaria dan anti SARS-CoV-2.

"Sejenis ekstrak endofit menunjukkan aktivitas antimalaria yang kuat. Dan ada dua macam ekstrak endofit menunjukkan anti SARS-CoV-2," tutur Andria yang merupakan lulusan Universitas Fukuyama di Jepang.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement