Kamis 03 Jun 2021 07:01 WIB

Instagram Ubah Algoritma di Tengah Klaim Bias Anti-Palestina

Instagram dituduh sengaja menekan suara-suara Palestina.

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Instagram.
Foto: Www.freepik.com
Instagram.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Instagram mengubah algoritma mereka, menyusul tuduhan luas bahwa raksasa media sosial itu dengan sengaja menekan suara-suara Palestina. Instagram menyatakan bahwa algoritma baru tidak lagi membedakan antara konten asli dan unggahan yang dibagikan ulang yang dipilih pengguna untuk fitur "cerita".

Dilansir dari Middle East Eye pada Rabu (2/6), aktivis dan influencer pro-Palestina mengeluh bahwa Instagram dan platform media sosial lainnya menyensor konten mereka terkait dukungan atas Palestina. Hal ini terjadi sejak serangan Israel terhadap Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki.

Instagram pertama kali mengaku, bahwa masalah yang dilaporkan adalah karena masalah teknis global yang meluas, yang tidak terkait dengan topik tertentu. Lalu melaporkan beberapa jam kemudian bahwa masalah telah diselesaikan.

"Kami sekarang telah memperbaiki masalah ini. Ini memengaruhi banyak Cerita yang berisi postingan yang dibagikan ulang yang dibuat kemarin dan dini hari ini, ditambah Sorotan + Arsip secara lebih luas. Kami mohon maaf kepada semua yang terkena dampak, terutama mereka yang meningkatkan kesadaran untuk tujuan penting secara global," kata perusahaan saat itu.

 

Namun, dalam pernyataannya baru-baru ini, Instagram mengatakan bahwa itu adalah kebijakan perusahaan, bukan kesalahan, yang menghentikan konten seperti postingan pro-Palestina agar tidak memiliki jangkauan sosial yang luas.

Seorang juru bicara Instagram mengatakan kepada BBC, bahwa algoritme pendukung konten aslinya memiliki "dampak lebih besar dari yang diharapkan" pada beberapa jenis unggahan, tetapi menekankan bahwa hasilnya adalah efek samping yang tidak diinginkan dari kebijakannya daripada upaya untuk menyensor aktivis.

"Orang-orang ... percaya kami menyembunyikan cerita tentang topik atau sudut pandang tertentu. Kami ingin benar-benar jelas - ini bukan masalahnya," kata juru bicara itu.

"Ini berlaku untuk setiap pos yang dibagikan kembali di cerita, tidak peduli tentang apa itu," kata perusahaan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement