Ahad 06 Jun 2021 23:48 WIB

Marinir Indonesia Kenalkan Budaya Banyuwangi ke Marinir AS

Marinir TNI AL memperkenalkan budaya tradisional Banyuwangi kepada Marinir AS.

Prajurit Korps Marinir (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Zabur Karuru
Prajurit Korps Marinir (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Prajurit Korps Marinir TNI AL memperkenalkan budaya tradisional Banyuwangi kepada Marinir Amerika Serikat dalam rangkaian kegiatan latihan bersama (Latma) antara prajurit Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL bersama dengan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissance Unit dengan sandi Reconex 21-II, yang akan berlangsung hingga 17 Juni 2021.

Staf Ahli (Sahli) E Bidang Kerjasama Militer (Kersamil) Korps Marinir Kolonel Marinir Didiet Hendra Wijaya dalam siran pers Dispen Kormar mengemukakan seluruh rangkaian kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengukur suhu tubuh peserta, menggunakan masker dan pelindung wajah bagi seluruh pengisi acara.

Baca Juga

Kegiatan diawali dengan penyambutan personel di pintu gerbang dengan ditandai pemberian buket bunga selamat datang dari para penari kepada perwira Marinir kedua negara, yakni Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Letkol Mar Supriyono dan Captain Nicholas Paparella dari Marinir AS.

Selanjutnya seluruh hadirin disuguhi penampilan tari Gandrung Banyuwangi yang dibawakan oleh para penari asuhan budayawan dan sejarawan setempat Sambiono. Selain penampilan tari khas Banyuwangi, Marinir kedua negara juga disuguhi makanan tradisional khas Banyuwangi, seperti cumi hitam, pepes teri, kijing, sate, pecel, kopi tubruk dan lainnya.

Acara tersebut terselenggara bekerja sama dengan Sidkenu Aries Martanto, pemilik Omah Majapahit Taste of Javanese Culture.Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Marinir Didiet Hendra Wijaya menyampaikan apresiasi atas kedatangan prajurit Marinir Indonesia dan Amerika di Osing Deles Omah Majapahit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement