Pendaftar Haji Baru di Mataram Turun Hingga 50 persen

Senin , 07 Jun 2021, 18:18 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Daftar Haji
Daftar Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pendaftar calon jamaah haji asal Kota Mataram mengalami penurunan hingga 50 persen sejak terjadi pandemi COVID-19. Pendaftar haji baru dalam sebulan bisa mencapai lebih dari 200 orang, tapi setelah pandemi jumlah pendaftar haji paling banyak 100 orang per bulan.

 

Terkait

"Penurunan jumlah pendaftar haji baru ini dipicu karena faktor ekonomi sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang masih terjadi sampai saat ini," kata Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Kota Mataram H Kasmi, Senin (7/6).

Baca Juga

Kendati terjadi penurunan, pihaknya tetap bersyukur karena animo masyarakat untuk mendaftar sebagai calon jemaah haji di tengah pandemi masih ada sehingga daftar tunggu saat ini tercatat sekitar 18.000 orang.

"Meskipun pendaftar haji baru turun hingga 50 persen per bulan, kita tetap bersyukur sebab animo masyarakat untuk beribadah haji masih relatif tinggi," katanya.

Di sisi lain, pihaknya prihatin terhadap calon jamaah haji yang sudah mendaftar bertahun-tahun, namun akibat pandemi COVID-19 terpaksa membatalkan pendaftarannya dengan mencabut setoran awal nomor porsi.