Senin 07 Jun 2021 22:00 WIB

Peneliti UGM Pasang Sistem Peringatan Gempa di Pesisir Jawa

Sistem peringatan dini itu masih dalam tahap pengembangan

Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti gempa dari Universitas Gadjah Mada Prof Sunarno bakal memasang sepuluh "early warning system (EWS)" atau sistem peringatan dini gempa bumi di sepanjang pesisir Pulau Jawa.

"Saat ini kami sedang membuat sekitar sepuluh modul stasiun pemantau EWS Gempa, yang akan kami pasang sepanjang Pulau Jawa sisi Selatan, untuk pengembangan algoritma triangulasi pusat gempa," kata Sunarno melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin (7/6).

Baca Juga

Alat EWS yang bakal dipasang tersebut, menurut Sunarno, selain bisa memprediksi kejadian gempa namun juga dapat memperhitungkan prediksi lokasi pusat gempa."Selain dapat memprediksi tiga hari sebelum gempa juga dapat memperhitungkan pusat gempa yang akan terjadi," kata dia.

Menurut dia, sistem peringatan dini itu masih dalam tahap pengembangan meliputi perbaikan penyempurnaan teknologi alat tersebut juga pengembangan algoritma penentuan pusat gempa yang akan terjadi.

"Setiap stasiun EWS yang kami pasang tetap mengukur setiap lima menit perubahan permukaan air sumur dan paparan gas Radon alam yang akan dibaca EWS kami," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement