Rabu 09 Jun 2021 08:25 WIB

LME akan Buka Kembali Lantai Perdagangan Ikonik The Ring

LME secara resmi didirikan pada tahun 1877.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
London Metal Exchange (LME).
Foto: wikipedia.org
London Metal Exchange (LME).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- London Metal Exchange (LME) membatalkan rencana untuk menutup lantai perdagangan ikonik The Ring pada September 2021. Dilansir dari Bloomberg, Rabu (9/6), LME menghentikan perdagangan di The Ring karena Inggris melakukan penguncian Maret lalu, dan beralih ke sistem elektronik untuk menetapkan harga patokan harian.

Lantai perdagangan ikonik The Ring adalah salah satu yang terakhir di dunia, di mana transaksi masih dilakukan secara langsung. The Ring sendiri telah ditutup sejak lockdown Covid-19 pertama di Inggris pada Maret 2020.

Baca Juga

Para pedagang telah melakukan transaksi perdagangan komoditas logam di London sejak awal abad ke-19. LME secara resmi didirikan pada tahun 1877, dan lantai perdagangan The Ring bertahan hingga kini sebagai tempat untuk perdagangan logam selama masa Perang Dunia I dan II.

The Ring adalah pusat dari kegiatan bisnis para pialang kecil dan jantung komunitas perdagangan logam dunia sejak sebelum LME ada.

Rencana LME untuk menutup The Ring mendapat penolakan dari broker dan pengguna yang mengatakan penutupan lantai telah merusak volume perdagangan dan membuat harga kurang kuat. "LME tidak mengubah pandangannya tentang The Ring," kata Kepala Eksekutif LME Matthew Chamberlain kepada wartawan. 

Namun, keputusan tersebut mencerminkan bahwa pihaknya kita tidak bisa menjadi satu-satunya penengah untuk kepentingan terbaik pasar. "Kita harus mendengarkan apa yang sebenarnya dipikirkan pasar," katanya.

Sementara pembukaan kembali lantai perdagangan akan menjadi kemenangan bagi apa yang disebut dealer Ring -sembilan broker yang memiliki hak untuk berdagang di lantai- LME menyertakan konsesi bagi mereka yang mendorong perubahan.

Harga penutupan akhir hari, yang digunakan lembaga keuangan untuk menilai posisi mereka, akan terus ditetapkan menggunakan proses elektronik, yang berpotensi menghilangkan sumber pendapatan penting bagi dealer Ring.

Ketika dibuka kembali 6 September, The Ring akan digunakan untuk menetapkan apa yang disebut harga resmi, yang sangat diandalkan dalam industri logam fisik.

LME juga mengatakan akan berkonsultasi tentang aturan yang memungkinkannya menutup The Ring secara otomatis dalam skenario tertentu -jika jumlah dealer The Ring aktif turun di bawah enam, misalnya.

Ada keraguan tentang masa depan The Ring sejak perdagangan elektronik lepas landas di LME pada awal 2000-an, tetapi itu bertahan jauh lebih lama daripada banyak lubang saingan.

New York Mercantile Exchange dan International Petroleum Exchange menutup lantai perdagangan minyak mereka bertahun-tahun yang lalu, sementara CME Group bulan lalu mengatakan akan menutup lantai perdagangan komoditas pertanian di Chicago, menandai berakhirnya era perdagangan terbuka di komoditas.

Pendukung The Ring mengatakan bahwa ini adalah cara terbaik untuk menentukan harga rangkaian unik kontrak harian, mingguan, dan bulanan LME, yang populer di kalangan pengguna industri yang mencari lindung nilai yang tepat terhadap pembelian dan penjualan mereka.

Kritikus mengatakan bahwa proses penetapan harga elektronik alternatif LME berjalan jauh kurang lancar, dan telah memperburuk pergerakan harga liar dalam kontrak yang tidak likuid.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement