Kamis 10 Jun 2021 05:45 WIB

Lewat Zakat, Muslim Cumbria Bantu Warga Inggris saat Pandemi

Komunitas Muslim lokal di desa Cumbria menyumbangkan dana sebesar 11,452 pound

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Zakat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Zakat

IHRAM.CO.ID, CUMBRIA -- Komunitas Muslim lokal di desa Cumbria, Inggris Barat Laut, telah menyumbangkan dana sebesar 11,452 pound untuk membantu warga Inggris yang membutuhkan selama masa pandemi. Yayasan Zakat Muslim Inggris telah menerima dana tersebut dari komunitas Muslim Cumbria.

Kepala komunikasi pemasaran di National Zakat Foundation, Mahboob Hussain, mengatakan bahwa zakat kini menjadi penyelamat bagi Muslim Inggris karena banyak yang kesulitan untuk mendapatkan bantuan keuangan yang tepat di tempat lain.

"Kemurahan hati umat Islam dalam 12 bulan terakhir telah melampaui harapan kami dan sungguh luar biasa melihat bagaimana Zakat mengubah kehidupan dan membuat perbedaan," kata Hussain, The Mail melaporkan, dilansir di laman About Islam, Rabu (9/6).

Dari dana tersebut, badan amal ini sejauh ini telah membantu hampir 70 Muslim di wilayah Cumbria dalam 12 bulan terakhir. National Zakat Foundation (NZF) adalah satu-satunya platform yang menerima Zakat dan mendistribusikannya ke ribuan Muslim yang membutuhkan di seluruh Inggris.

Didirikan pada 2011, NZF telah berkomitmen untuk membangun komunitas Muslim yang lebih dekat dan berkembang di mana kekuatan transformatif Zakat dimaksimalkan. Sementara itu, Islam mendorong umat Muslim untuk memperlakukan tetangga mereka dengan cara yang lembut yang mencerminkan semangat Islam sejati, sebagaimana dicontohkan dalam aspek toleransinya terutama dengan orang-orang dari agama lain.

Dalam ketentuan zakat, Muslim membayar Zakat sebesar 2,5 persen dari kekayaan di atas ambang batas, biasanya setara dengan 600g perak, yang bernilai sekitar 250 pound di Inggris.

Pada 2018, kepala eksekutif National Zakat Foundation, Iqbal Nasim, mengatakan Muslim Inggris memberikan zakat hingga 300 juta pound setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement