ACT Renovasi Masjid di Distrik Bulambuli Uganda

Sabtu , 12 Jun 2021, 14:25 WIB Reporter :Umar Muchtar/ Redaktur : Muhammad Subarkah
Masjid Bulambuli di Uganda Timur yang tengah direnovasi atas bantuan lembaga Aksi Cepat Tangga (ACT).
Masjid Bulambuli di Uganda Timur yang tengah direnovasi atas bantuan lembaga Aksi Cepat Tangga (ACT).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- JAKARTA -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus menggencarkan aksi kemanusiaan untuk membantu saudara muslim yang tengah kesulitan di berbagai belahan dunia. Muslim di Distrik Bulambuli, Uganda, merupakan salah satu yang turut merasakan manfaat dari aksi kebaikan tersebut.

 

Terkait

Di distrik yang berada di Uganda timur tersebut, ACT merenovasi masjid agar lebih nyaman digunakan masyarakat. Sebelum direnovasi, masjid ini hanya mampu menampung maksimal 200 jemaah. Atapnya kerap kali bocor saat hujan dan kondisi lantainya juga hanya beralaskan tanah dan terpal.

Dindingnya hanya sebatas anyaman kayu, sehingga angin kencang dapat kapanpun merobohkannya. Inilah yang menjadi tantangan setiap kali beribadah dan menyiarkan Islam di masjid tersebut.

"Sejak 22 April lalu, kami sudah mulai pembangunan masjid ini. Pada akhir Mei, proses pemlesteran di luar dan di beranda selesai. Tim ACT juga telah mengganti sebagian atap dengan plat besi. Sementara, pada update per 8 Juni kemarin, proses pengecatan sudah rampung," jelas Amir Firdaus dari tim Global Humanity Response-ACT, dalam keterangan pers, Sabtu (12/6).

Amir mengatakan, pembangunan toilet juga tak luput dari renovasi masjid ini. Sehingga para jamaah memiliki sanitasi yang baik, dan mampu menjaga kebersihan mereka dari najis. "Pembuatan toilet masjid juga sudah sekitar 60 persen selesai, diperkirakan akan rampung dalam waktu dekat," tambah Amir.

Amir berharap, masjid yang direnovasi ini dapat menjadi lebih kokoh dan menampung lebih banyak jemaah dan memberikan semangat kapada muslim Uganda untuk selalu mendekat pada masjid. Menjadi tempat pengajian, dan tahfiz bagi anak-anak maupun orang dewasa, serta dapat menjadi pusat peradaban Islam di wilayah Bulambuli.

Amir juga menambahkan, di Uganda masih banyak masjid dan mushola yang perlu direnovasi. Maka dari itu, ia mengajak sahabat darmawan untuk ikut ambil bagian menghadirkan kebaikan untuk saudara muslim di sana agar mendapat akses lebih layak untuk beribadah.

"Sedekah terbaik untuk membangun masjid dapat disalurkan melalui Indonesia Dermawan atau mendatangi langsung kantor-kantor ACT terdekat," imbuh Amir.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

 

 

BERITA TERKAIT