10 Pesepakbola Muslim yang Berlaga di Euro 2020

Sabtu , 12 Jun 2021, 15:32 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Paul Pogba
Paul Pogba

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- UEFA Euro 2020 yang penyelenggaraannya diundur dari tahun lalu akibat pandemi virus corona telah dimulai pada Sabtu (12/6) dini hari WIB di Roma, Italia. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah turnamen, pertandingan Euro 2020 akan berlangsung di 11 kota di 11 negara berbeda, diantaranya London, Saint Petersburg, Baku, Munich, Roma, Amsterdam, Bucharest, Budapest, Kopenhagen, Glasgow dan Seville.

 

Terkait

Di samping semua mata tertuju pada 24 tim teratas Eropa, banyak orang juga akan memusatkan perhatian pada puluhan pemain Muslim yang telah terdaftar untuk ambil bagian dalam pertandingan internasional musim panas ini. Tercatat sejumlah pemain Muslim terbaik dunia yang akan tampil bermain dalam ajang Piala Eropa ini, siapa saja?

Berikut daftar 10 pemain Muslim yang akan bermain di Euro 2020, dilansir di laman About Islam, Sabtu (12/6):

1. Emre Can

Emre Can adalah pemain sepak bola profesional Jerman yang bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Inggris Liverpool dan tim nasional Jerman. Pemain serba bisa ini juga bermain sebagai gelandang bertahan, bek tengah, atau bek sisi (fullback).

Dia memulai karirnya di Bayern Muenchen, bermain sebagian besar di sisi cadangan sebelum pindah ke Bayer Leverkusen pada 2013. Semusim kemudian, dia ditandatangani oleh Liverpool seharga 9,75 juta pound.

Can telah mewakili Jerman dari level U-15 hingga U-21, terakhir di Pertandingan UEFA Euro 2015. Dia melakukan debut seniornya pada September 2015 dan terpilih untuk UEFA Euro 2016. Dia adalah bagian dari skuad Jerman yang memenangkan Piala Konfederasi FIFA 2017 di Rusia, dan juga mencetak gol internasional senior pertamanya.

2. Paul Pogba

Gelandang tengah ini bermain untuk klub Liga Utama Inggris Manchester United dan tim nasional Prancis. Pada 2012, Pogba bergabung dengan klub Italia Juventus dan berhasil memenangkan empat gelar Serie A berturut-turut, serta dua gelar Coppa Italia dan dua gelar Supercoppa Italiana.

Dia menerima penghargaan Golden Boy pada 2013 dan Bravo Award pada 2014. Pada 2016, Pogba dinobatkan sebagai Tim Terbaik UEFA 2015 serta FIFA FIFPro World XI 2015, setelah membantu Juventus ke Final Liga Champions UEFA 2015.

Dia kemudian mewakili negaranya di UEFA Euro 2016 di kandang sendiri, di mana dia selesai sebagai runner-up. Pogba kemudian memenangkan Piala Dunia FIFA 2018, dan turut mencetak gol di final.

3. N'Golo Kante

Gelandang tengah kelahiran Mali ini bermain untuk klub Inggris Chelsea. Pada 2015, ia bergabung dengan Leicester City untuk memenangkan gelar Liga Premier pertama klub. Tahun berikutnya, ia bergabung dengan Chelsea dan memenangkan Liga Premier lagi di musim pertamanya.

Kante juga memenangkan PFA Player, Player of the Year dan FWA Footballer of the Year dan menjadi pemain outfield pertama yang memenangkan gelar liga Inggris back-to-back dengan klub yang berbeda.

Kante melakukan debut internasional seniornya untuk Prancis pada 2016 dan termasuk dalam skuad yang menjadi runner-up di Kejuaraan Eropa 2016.

Pada 2017 Kante dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Prancis, yang pertama untuk pemain dari Liga Premier dalam tujuh tahun. Selanjutnya 12 bulan kemudian, dia menjadi anggota kunci dari skuad pemenang Piala Dunia FIFA 2018.