Keputusan Haji Saudi Diharap Akhiri Spekulasi Negatif

Ahad , 13 Jun 2021, 11:24 WIB Reporter :Rizky Suryarandika/ Redaktur : Indira Rezkisari
Haji tahun ini akan dibatasi untuk warga dan penduduk di dalam Kerajaan Arab Saudi
Haji tahun ini akan dibatasi untuk warga dan penduduk di dalam Kerajaan Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan kabar terbaru mengenai musim haji 2021. Para jamaah yang bisa berhaji tahun ini hanya warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Saudi.

 

Terkait

Menanggapinya, Direktur Utama PT. Andromeda Atria Wisata, Zainal Abidin, merespons positif pengumuman yang dikeluarkan oleh Kerajaan Saudi. Menurutnya, pengumuman tersebut sekaligus menepis isu-isu negatif berkaitan pelaksanaan haji 2021 yang mengemuka dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga

"Akhirnya ini keputusannya. Semoga ini mengakhiri spekulasi yang selama ini lebih kepada hoaks yang mewarnai asumsi-asumsi negatif," kata Zainal kepada Republika, Ahad (13/6).

Zainal berharap para calon jamaah haji dan masyarakat umum mengetahui dan menerima keputusan Saudi. "Syukurlah sekarang semua terjawab sudah," lanjut Zainal.

Selain itu, Zainal menaruh harap agar pandemi Covid-19 dapat segera teratasi. Dengan demikian pelaksanaan haji tak lagi terkendala seperti saat ini.

"Semoga Covid 19 segera berlalu atau paling tidak semua pihak mampu  membangun harmoni di tengah Covid-19," ujar Zainal.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk tidak membuka calon jamaah haji dari luar Arab Saudi. Mereka hanya membuka untuk calon jamaah haji dari dalam negeri sebanyak 60 ribu orang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini