Keutamaan Menyentuh Hajar Aswad

Senin , 14 Jun 2021, 06:05 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Keutamaan Menyentuh Hajar Aswad
Keutamaan Menyentuh Hajar Aswad

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat kedua keutamaan bagi seorang Muslim yang menyentuh Hajar Aswad. Batu ini berasal dari surga yang awalnya berwarna putih dan kini telah menghitam.

 

Terkait

Dikutip dari buku Bekal Haji karya Ustadz Firanda Andirja, pertama, hajar aswad akan menjadi saksi pada hari kiamat bagi orang yang mengusapnya, Nabi SAW bersabda, 

Baca Juga

والله ليبعثنه الله يوم القيامة له عينان يبصر بهما ولسان ينطق به يشهد على من استلمه بحق

"Demi Allah, sungguh Allah akan membangkitkan Hajar Aswad pada hari kiamat. Ia memiliki dua mata yang ia melihat dengannya, ia bersaksi untuk siapa yang mengusapnya dengan kebenaran" (HR Tirmidzi).

Kedua, menyentuh Hajar Aswad merupakan penyebab dihapuskannya dosa-dosa. Ubaid bin Umar berkata, "Sesungguhnya Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma selalu berdesak-desakan di Rukun Yamani dan rukun Hajar Aswad. Maka, aku berkata, 'Wahai Abu Abdirrahman, sesungguhnya engkau berdesak-desakan di kedua rukun dengan desakan yang aku tidak pernah melihat seorang pun dari para sahabat Rasulullah melakukannya'. Ibnu Umar berkata, 'Jika aku melakukannya, sesungguhnya aku mendengar Rasulullah bersabda, 'Sesungguhnya mengusap Rukun Yamani dan rukun Hajar Aswad adalah penebus dosa-dosa' (HR Al-Hakim).

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Hajar Aswad turun dari surga, dan dia dalam kondisi lebih putih daripada susu. Maka dosa-dosa Bani Adam telah menjadikannya hitam", hadits riwayat At-Tirmidzi, dan Ahmad.

Al-Muhibb at-Thabari berkata, "Hajar Aswad tetap dalam kondisi hitam merupakan pelajaran bagi orang yang masih bisa melihat kebenaran karena jika dosa-dosa bisa memengaruhi batu yang bersih maka pengaruh dosa kepada hati tentu lebih kuat".

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini