Saudi Adakan Pameran Kaligrafi

Selasa , 15 Jun 2021, 16:20 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Kementerian Kebudayaan Arab Saudi Gelar Pameran Kaligrafi Arab.
Kementerian Kebudayaan Arab Saudi Gelar Pameran Kaligrafi Arab.

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Kementerian Kebudayaan Arab Saudi menyelenggarakan pameran yang menampilkan sejarah kaligrafi Arab dengan judul "Scripts and Calligraphy: A Timeless Journey." Pameran dijadwalkan akan diadakan pada 16 Juni hingga 21 Agustus 2021 di Museum Nasional, Riyadh.

 

Terkait

Pameran ini menyoroti tahapan perkembangan Aksara Arab sejak awal dan hubungan artistik antara kaligrafi, seni kontemporer, dan kecerdasan buatan melalui perjalanan pengetahuan yang luar biasa, menampilkan ahli kaligrafi Arab dan internasional, seniman kontemporer, dan desainer. Pameran ini juga mencakup aplikasi modern kaligrafi Arab dalam mode, desain, dan kecerdasan buatan.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (15/6), pameran seluas 1.500 meter persegi ini menawarkan perjalanan pengetahuan terpadu tentang Kaligrafi Arab dan para tokoh hebat sepanjang sejarah peradaban Arab. Perjalanan dimulai dari hampir 1.700 tahun yang lalu di Jazirah Arab dan melewati tahap pengembangan skrip yang terukir di atas batu dan lukisan linier hingga manuskrip.

Bagian dan isi pameran “Scripts and Calligraphy: A Timeless Journey” dibagi menjadi lima tahapan, yaitu asal usul aksara Arab, perkembangan kaligrafi, master kaligrafi, kaligrafi dan seni rupa kontemporer serta kaligrafi dan kecerdasan buatan.

Melalui tahapan ini, pengunjung akan menemukan sejarah berbagai aksara yang digunakan sebelum adopsi bahasa Arab di Jazirah Arab, dan menjelajahi lukisan dan pintu yang diukir dalam aksara Dadanitic dan Nabataean, serta foto-foto prasasti yang diambil oleh fotografer terkenal Robert Polidori di Kegubernuran AlUla.

Di dekat karya klasik ini, pengunjung juga akan menemukan mesin kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh seniman dan desainer Mesir Haytham Nawar, yang memungkinkan mereka menghasilkan bahasa piktografik generatif baru ke layar digital.

Pameran “Scripts and Calligraphy: A Timeless Journey” merupakan salah satu dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kebudayaan di bawah payung inisiatif “Tahun Kaligrafi Arab”, sejalan dengan Quality of Life Program, salah satu program Saudi Vision 2030 .

Inisiatif ini diluncurkan tahun lalu dan diperpanjang satu tahun lagi untuk merayakan kaligrafi Arab sebagai simbol identitas Arab, sumber inspirasi dan elemen budaya penting dalam sejarah peradaban Arab.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini