Rabu 16 Jun 2021 11:33 WIB

Lebih dari 450 ribu Orang Mendaftar Haji

Haji hanya untuk warga dan penduduk di Saudi

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Subarkah
Haji masa pandemi
Foto: Arabnews.cm
Haji masa pandemi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Lebih dari 450 ribu orang telah mendaftar untuk melakukan ibadah haji tahunan, sejak pendaftaran dibuka pertana kali oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi. Saudi mulai membuka pendaftaran haji domestik pada Ahad (13/6).

"Pendaftaran laki-laki mencapai 60 persen dan perempuan 40 persen dari total aplikasi," kata kementerian itu dilansir dari Arab News, Rabu (16/6).

 

Saudi membatasi pendaftar haji hanya untuk warga dan penduduk di dalam Kerajaan, dengan total 60 ribu peziarah. Batasan ini dilakukan sehubungan dengan pandemi virus corona (COVID-19).

 

Wakil Menteri Haji dan Umrah, Dr Abdulfattah Mashat, mengatakan bahwa hanya mereka yang berusia di atas 18 tahun akan diizinkan memasuki tempat-tempat suci selama musim haji tahun ini.

Dalam sebuah wawancara di saluran TV Al-Ekhbariya, Mashat mengatakan bahwa anak-anak tidak akan termasuk dalam kelompok yang menerima vaksin dan tidak akan diizinkan memasuki situs tersebut.

 

Wakil menteri menegaskan bahwa aplikasi untuk haji tahun ini tersedia untuk semua negara melalui portal elektronik. Prioritas akan diberikan kepada orang-orang di atas 50 yang belum pernah melakukan haji. 

 

Di antara pelamar untuk haji tahun ini adalah pejabat senior budaya dan keterlibatan Saudi berusia 25 tahun di Bupa Arabia, Mohammed Gamlo. "Saya memiliki banyak keraguan tentang haji tahun ini, apakah saya bisa mengikuti atau tidak?” katanya kepada Arab News.

 

Sejak kementerian mengumumkan dan membuka pendaftaran, Gamlo mengaku sangat senang. Ia langsung mendaftarkan diri untuk melakukan haji dan ini adalah perjalanan haji pertamanya, jika ia diterima. “Setiap kali saya mencoba pergi haji, tidak pernah berhasil," ungkapnya.

 

Dia mengatakan bahwa jumlah jamaah yang terbatas akan memudahkan perjalanan, serta peluang bagus yang mungkin tidak akan terjadi lagi. Ditambah lagi dengan perbaikan-perbaikan fasilitas dan pelayanan yang telah dilakukan oleh kementerian.

 

“Tenda telah dimodernisasi, kapasitas telah meningkat dan transportasi antartempat suci telah difasilitasi, dengan adanya kereta api dan bus," ujr Gamlo.

 

Pada Selasa, (15/6) Kementerian membagikan gambar di Twitter yang menunjukkan penyelesaian fase pertama alokasi kamp ke institusi dan perusahaan untuk peziarah domestik. Persiapan kementerian akan terus dilakukan hingga akhir pekan ini, sesuai dengan persyaratan dan standar kesehatan untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada jamaah haji.

 

Pendaftaran jemaah haji domestik harus diselesaikan sebelum 23 Juni. Untuk menghindari pembatalan, paket harus dibeli dalam waktu tiga jam seleksi.

 

 https://www.arabnews.com/node/1877171/saudi-arabia

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement