Jelang Haji, Robot Bagi-Bagi Air Zamzam di Masjidil Haram

Kamis , 17 Jun 2021, 10:29 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jelang Haji, Robot Bagi-Bagi Air Zamzam di Masjidil Haram. Robot digunakan untuk membagikan air zamzam pada jamaah di Masjidil Haram, Makkah. Robot dipakai untuk menerapkan aturan jaga jarak selama pandemi Covid-19.
Jelang Haji, Robot Bagi-Bagi Air Zamzam di Masjidil Haram. Robot digunakan untuk membagikan air zamzam pada jamaah di Masjidil Haram, Makkah. Robot dipakai untuk menerapkan aturan jaga jarak selama pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Makkah bersiap menampung sekitar 60 ribu jamaah dalam pelaksanaan ibadah haji yang akan datang. Di tengah situasi pandemi virus corona saat ini, pihak berwenang Arab Saudi mengambil langkah-langkah futuristik guna menjaga jamaah tetap aman.

 

Terkait

Untuk mempromosikan jarak sosial, robot digunakan untuk mendistribusikan air zamzam kemasan di Masjidil Haram di Makkah. Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Abdul-Rahman Al Sudais mengatakan robot digunakan untuk menghindari kontak langsung dengan staf akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga

Robot-robot mulai membagikan botol air zamzam di Makkah pekan ini sebagai persiapan untuk ibadah haji jarak sosial. Pihak berwenang berharap bisa mencegah penyebaran Covid-19 dengan meluncurkan robot hitam-putih kecil pada Ahad (13/6). Masing-masing robot berisi tiga rak botol air.

"Tujuan dari robot ini adalah memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia," kata penanggung jawab air zamzam Bader Al-Loqmani, dilansir di Al Araby, Kamis (17/6).

Al-Loqmani mengelola air dari mata air suci zamzam yang muncul di Masjidil Haram yang dibangun di sekitar Ka'bah. Al-Loqmani mengatakan, saat ini ada sekitar 20 robot yang tersedia untuk membantu jamaah haji dan pengunjung masjid. Namun, menurutnya, ada lebih banyak lagi robot yang bisa dibawa jika diperlukan.

Robot serupa telah digunakan di Masjidil Haram untuk membantu petugas kebersihan membersihkan situs suci yang terdiri dari sembilan menara seluas 356 ribu meter persegi itu. Selama berabad-abad, jamaah yang datang ke Makkah berbondong-bondong untuk minum air dari mata air zamzam.