Insinyur Arab Saudi Ubah Pertanian Pribadi di Al-Baha

Kamis , 17 Jun 2021, 13:15 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Insinyur Arab Saudi Ubah Pertanian Pribadi di Al-Baha
Insinyur Arab Saudi Ubah Pertanian Pribadi di Al-Baha

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Seorang insinyur asal Arab Saudi telah mengubah pertanian pribadi keluarganya menjadi taman yang indah. Karyanya ini ia sebut sebagai “Taman Jembatan Botani”.

 

Terkait

Dia menggunakan daya tarik baru miliknya untuk memperkenalkan berbagai buah lezat yang bisa ditemukan di provinsi Al-Baha.

Baca Juga

Sebuah jembatan gantung sepanjang 100 meter menjadi tuan rumah atau fokus dari kebun raya ini. Jembatan ini dirancang untuk memungkinkan para pengunjung mengambil foto dengan aman sembari menikmati tutupan botani seluas 10.000 meter persegi.

Dilansir di Arab News, Kamis (17/6), Manajer proyek, Ahmed Ali Al-Qurai, mengatakan ide itu dimulai selama pandemi Covid-19. Dia ingin membuat taman dan mengembangkannya dari pertanian keluarga pribadi yang menggambarkan berbagai pohon dan buah-buahan.

Al-Qurai mengatakan ide itu segera berubah menjadi proyek investasi wisata dengan jembatan yang dibuat melalui teknik ahli.

“Ide ini adalah buah dari pengalaman bertahun-tahun dengan menerapkan ide zip line rid dan free-sliding-down ride di Raghadan Park di Al-Baha dua tahun lalu," kata dia.

Dia lantas menyebut proyek ini berjalan dengan kecepatan yang dipercepat, menggelar lebih banyak acara dan berbagai kegiatan rekreasi sepanjang musim panas. Dia juga menambahkan tim telah membangun berbagai area tempat duduk di taman ini.

Adapun jembatan yang ada digantung dengan menggunakan kabel yang aman dan dapat menahan beban yang sangat besar, sesuai dengan pondasi teknik yang rapat.

Taman tersebut mencakup lebih dari 10.000 meter persegi teras hijau dan flat, dengan beberapa spesies buah-buahan termasuk delima, anggur, buah ara berduri, aprikot dan buah persik.

Ide tersebut memicu minat besar di kalangan wisatawan dari Al-Baha dan sekitarnya. Pendapat dan persepsi pengunjung membantu pihaknya mengembangkan proyek lebih lanjut dan memperkaya kegiatan di lokasi. 

"Melalui proyek ini, kami bertujuan untuk mempromosikan berbagai saluran tempat wisata di wilayah ini, ”kata Al-Qurai.

Dia menunjukkan pariwisata pedesaan adalah pendorong ekonomi utama. Ada banyak atraksi serupa secara global yang telah memenuhi permintaan yang terus meningkat.

Ia menyebut Al-Baha adalah salah satu daerah terindah di Arab Saudi. Hal itu ditandai dengan cuaca dingin di musim panas dan curah hujan yang terus menerus, mengubahnya menjadi tempat yang aman dari suhu tinggi yang melanda sebagian besar kota-kota Saudi.

Selanjutnya, Al-Qurai menjelaskan 'Botanical Bridge Park' miliknya telah mengadopsi persyaratan keamanan terbaik dan dianggap sebagai mahakarya arsitektur yang dibangun selaras dengan alam.

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang proyek pariwisata membangun taman di desa Al-Qura di provinsi Baljurashi. Di lokasi itu, pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan dan keindahan taman, mengambil gambar dari atas jembatan dan menikmati semangat petualangan.

Dia menambahkan taman memiliki aliran air yang mengalir melalui semua sudut, area tempat duduk dan situs. Area tempat duduk bersama dengan jembatan dirancang untuk membentuk tempat wisata, meniru warisan kuno Al-Baha.

Selain itu, peternakan ini disebut memiliki lebih dari 250 pohon yang memberi keteduhan dan membawa pengunjung ke dunia budaya dan relaksasi pedesaan yang berbeda.  

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini